Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain ditabalkan jadi Datuk Wira Setia Negeri

You are here

Hari/Tanggal : Selasa, 27 Desember 2016
Lokasi : Aula Camat Air Putih
Bupati Kabupaten Siak Riau, Drs Samsuar MSi secara resmi menambalkan H OK Arya Zulkarnain SH MM yang juga Bupati Batu Bara, sebagai Datuk Wira Setia Negeri jugga sebagai tokoh pejuang pemekaran Kabupaten Batu Bara, sekaligus pengukuhan pengurus Adat Melayu Riau Siak Perwakilan Batu Bara, masa jabatan 2016-2021 di Aula Kantor Camat Air Putih Batu Bara, Selasa (27/12).
Usai ditabalkan OK Arya Zulkarnain SH MM sebagai Datuk Wira Setia Negeri dilanjutkan dengan acara tepung tawar oleh Datok-datok dari Kabupaten Siak Riau juga oleh DPRD Batu Bara H Selamet Arifin.
Ketua DPRD Batu Bara H Selamet Arifin dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga melihat di tanah Negeri Melayu ini tetap kompak. OK Arya sebagai tokoh sentral pemekaran Kabupaten Batu Bara dan terpilih menjadi Bupati Batu Bara melalui jalur independen.
“Delapan tahun sudah OK Arya sebagai Bupati Batu Bara sudah dapat kita rasakan dasar pembangunan sudah ditetapkan oleh bupati. Kini, tokoh Kabupaten Batu Bara H OK Arya Zulkarnain telah menyandang gelar Datuk Wira Setia Negeri,”ujar Selamat Arifin.
Sementara, Bupati Kabupaten Siak sebagai Datok Amanah Siak Drs Samsuar Msi mengatakan, setiap kegiatan budaya Melayu tidak bisa dipisahkan, antara Kabupaten Batu Bara dengan Kabupaten Siak Riau.
Sedangkan, Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM, sekaligus Datuk Wira Setia Negeri mengucapkan terima kasih kepada Datuk-datuk Siak bersama rombongan yang hadir dalam acara tersebut, juga menceritakan sejarah singkat di Kabupaten Batu Bara ini sejak tahun 1725 M, para Datuk-datuk di Batu Bara bermusyawarah di sebuah kampung di tepi Sungai Pimpin.
“Dari hasil musyawarah ini mereka sepakat ditetapkan untuk tunduk dan berdaulat kepada Kesultanan Siak. Dan hari ini sekaligus pengukuhan Lembaga Adat Melayu Batu Bara. Saya berharap ke depan, kiranya para pengurus dapat menyusun program kerja dan membangun kerjasama yang baik dengan semua pihak termasuk Ketua DPRD dan anggota,” ujar bupati.
Acara tersebut juga dihadiri seluruh pimpinan SKPD dan Camat se-Kabupaten Batu Bara dan para Pengurus Adat Melayu dan undangan lainya. By Humas