Bupati Batu Bara Resmikan Gedung Kantor dan Penandatanganan Perumahan PT Bahtera Berjaya

You are here

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Batu Bara, PT Pembangunan Bahtra Berjaya harus mampu memodifikasi hasil usaha sehingga melalui usaha tersebut dapat tercipta lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan masyarakat Batu Bara. BUMD juga diharapkan dapat berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Batu Bara. Demikian dikatakan Bupati Batu Bara Bapak Ir.H. Zahir, M.AP saat meresmikan gedung kantor dan penandatanganan prasasti perumahan PT Pembangunan Bahtera Berjaya, di Kecamatan Air Putih, Rabu (30/1/).

BUMD harus mampu menampilkan kinerja dengan baik. Bagaimana mengelola anggaran yang kecil namun dapat mendatangkan keuntungan yang besar yang akhirnya dapat menjadi PAD bagi Batu Bara. Banyak usaha yang dapat dilakukan, misalnya dengan cara mengembangkan usaha kecil menengah (UKM). Menurutnya, jika BUMD mampu mengelola UKM dengan baik, maka akan banyak sekali keuntungan yang dapat dicapai.

Ke depan kita harus sudah merancang sesuatu hal. Misalnya kita bangun pabrik beras. Beras kita dapat dari petani dan kita jual. Jadi petani mendapat untung, dari proses pabrik itu kita membuka lapangan kerja baru, hasilnya juga kita yang beli, jadi sama-sama menguntungkan,”katanya.

Bupati menekankan, hal ini menjadi tugas kita bersama, bagaimana hasil dari masyarakat dapat dikelola perusahaan daerah. Harus ada rantai ekonomi yang terbangun mulai dari desa hingga kabupaten. Kalau ini sudah dapat berjalan dengan baik akhirnya BUMD tidak perlu lagi mendapat penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Bahkan seharusnya perusahaan yang mampu turut memberikan kontribusi bagi PAD Batu Bara.

Sementara, Direktur Utama PT Pembangunan Bahtra Berjaya, Harmoko mengatakan, perusahaan daerah ini mengemban misi dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang tujuannya adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Harmoko berharap, peresmian kantor dan lounching perumahan ‘Bahtera Perdana Asri’ ini merupakan event dan momentum untuk terwujudnya upaya dalam memegang amanah dan cita-cita pendirian badan usaha milik daerah (BUMD) sesuai dengan amanah peraturan daerah Kabupaten Batu Bara.

Sesuai dengan Perda Kabupaten Batu Bara, secara bertahap terdapat 13 sektor unit usaha yang akan terwujud. Di antaranya sektor bidang unit usaha perumahan, unit usaha kepelabuhan serta unit usaha jasa keuangan.