Pemkab Batubara Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 87 Tahun 2015

You are here

“Berikan Aku 1000 Orang Tua, Niscaya Akan Kucabut Semeru Dari Akarnya, Berikan Aku 10 Pemuda Maka Akan Ku Guncang Dunia” demikian kutipan perkataan Ir Soekarno dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi yang dibacakan Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-87 Tahun 2015, di lapangan bola kaki, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (28/10).

Imam Nahrawi menyampaikan Tema “Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi” yang diusung pada peringatan Sumpah Pemuda ke 87 kali ini didasari atas keperihatinan yang mendalam terhadap dua hal. Pertama, hari ini kita disuguhi fenomena baru tentang berubahnya pola realasi kemasyarakatan kita akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat pisau bermata dua, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinan para pemuda kita untuk peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill. “betapa sering akhir-akhir ini kita disuguhi kasus-kasus kekerasan dan pembunuhan yang melibatkan anak-anak, setelah ditelusuri kasus tersebut bermula dari interaksi di social media, disinilah gerakan revolusi mental yang digagas oleh Presiden Joko Widodo menemukan relevansinya.

Keprihatinan kedua terkait fenomena pengelolaan sumber daya alam kita yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Sebagai Negara tropis, Indonesia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim melalui pasokan oksigennya. Namun, hari ini justru kita menjadi Negara yang menyumbang polusi terbesar dikawasan Asia Tenggara melalui kabut asap. “untuk itu saya menggugah semangat kepeloporan pemuda untuk ambil bagian dalam penanggulangan musibah kabut asap khususnya dan juga gerakan menjaga keseimbangan iklim melalui pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Menurutnya, salah satu ikrar penting dalam sumpah pemuda 1928 adalah “Satu Tanah Air, Tanah Air Indonesia” dimana poin ini memberikan tekanan yang sangat kuat kepada para pemuda akan pentingnya menjaga Tanah Air sebagai bagian penting dari komponen bumi yang kita pijak demi keberlangsungan masa depan generasi penerus kita. “oleh karena itulah pada kesempatan ini dengan tema Sumpah Pemuda Satu Bumi, saya mengajak pemuda Indonesia menjadi Khalifah Fil Ard (pemimpin bumi) yang baik , Adil dan Bertanggung Jawab.

Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 87 kali ini, Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain memberikan penghargaan kepada 125 Pegawai Negeri Sipil yang akan memasuki masa pensiun, OK Arya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada 125 Pegawai Negeri Sipil atas dedikasi dan baktinya kepada Negara.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini juga dirangkai dengan pelantikan kepengurusan Karang Taruna di Kabupaten Batu Bara. Berharap agar para pemuda yang dilantik dapat menjadi pelopor penggerak kebangkitan pemuda didaerahnya masing-masing.