Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Pemkab Batu Bara

You are here

Bupati Batubara Bapak Ir.H Zahir,M.AP membacakan pidato menteri pada saat peringatan kebangkitan nasional, acara dilapangan kelurahan lima puluh, senin (20/5) peringatan kebangkitan nasional merupakan salah satu hari bersejarah dalam pergerakan pemuda di Tanah Air.Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Batu Bara Bapak Oky Iqbal Prima,SE, Waka Polres Batu Bara, Dandim di wakili oleh Pabung, Danpos Kuala Tanjung, Sekretaris Daerah dan Kepala OPD.

Hari Kebangkitan Nasional pertama kali diperingati pada era pemerintahan Presiden Soekarno di Yogyakarta pada tahun 1948. Pada saat peringatan hari kebangkitan nasional pertama itu kepanitiaannya diketuai oleh Ki Hajar Dewantara.

Dalam pidatonya, Presiden Soerkarno mengimbau pada seluruh rakyat Indonesia yang terpecah oleh kepentingan politik agar bersatu untuk melawan Belanda. Soekarno juga menyampaikan bahwa Boedi Oetomo merupakan tonggak pergerakan nasional.

Gagasan Soetomo mendirikan organisasi ini terinspirasi dari dokter Wahidin Sudirohusodo yang ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa. Latar belakang berdirinya Boedi Oetomo bertopang pada kesadaran para mahasiswa akan masa depan Indonesia yang bergantung di tangan mereka. Organisasi ini pada awalnya hanya bersifat sosial, ekonomi, dan budaya.Tidak ada unsur politik di dalamnya.

Boedi Oetomo bertujuan untuk memajukan pengajaran, pertanian, peternakan, perdagangan, teknik dan industri, ilmu pengetahuan dan seni budaya bangsa Indonesia.