Bupati Batu Bara Buka UKW Batu Bara 2019

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Pemkab Batubara menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 26 dan 27, di Gedung MPH Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Sabtu - Minggu (14-15/9/2019). Bupati Batubara, Bapak Ir.H. Zahir,M.AP dalam sambutannya mengatakan, dunia jurnalistik telah mengalami perkembangan sangat pesat seiring era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi. Revolusi industri 4.0 harus disikapi dengan arif karena telah mengubah perebadaban manusia secara fundamental tidak terkecuali didunia jurnalistik dan industri media.

Selain itu, perubahan yang semakin tahun semakin terlihat nyata, harus pula diikuti dengan kesiapan seorang jurnalis dalam penyampaian berita yang semakin aktual namun tetap akurat. "Keberadaan pers sangat penting di Kabupaten Batubara. Hal ini dapat memberikan pencerahan melalui karya jurnalistik kepada masyarakat," kata Bupati Batu Bara.

Lanjut Bupati, bagi Pemerintah Kabupaten Batubara, wartawan merupakan mitra dalam menginformasikan pembangunan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. sehingga, kedepan diharapkan lebih banyak lagi masyarakat di daerah ini yang merasakan hasil dari kerja nyata pemerintah melalui informasi yang disampaikan wartawan. "Selain pembangunan infrastruktur, Pemkab Batubara juga fokus meningkatkan SDM. Termasuk salah satunya SDM jurnalistik melalui kegiatan UKW. Kita harapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Pemkab akan menampung anggaran UKW setiap tahun," pungkasnya.

Ketua PWI Sumatera Utara, Hermansyah, menyampaikan, UKW merupakan kebijakan Dewan Pers guna meningkatkan profesionalitas wartawan. Dengan dilaksanakannya UKW, pemerintah ikut mensukseskan program ini. "Kita apresiasi Pemkab Batubara yang sudah ingin berbuat wartawan profesional," ungkapnya.

Ketua PWI Kabupaten Batubara, Alpian, menambahkan, pihaknya sudah lama memimpikan untuk melaksanakan UKW di daerah ini. Tetapi, kegiatan ini baru dapat terlaksana setelah satu tahun Bupati Batubara yang baru menjabat. "Kita sangat apresiasi Pemkab Batubara yang telah mendukung kegiatan ini. Bahkan dalam UKW ini sampai dua angkatan. Kalau tak didukung Pemkab Batubara, UKW tidak terlaksana," ujarnya.

Sementara, hasil UKW angkatan 26 dan 27 tahun 2019 di Kabupaten Batubara, yang dibacakan salah seorang penguji, Mizwar mengatakan, dari 48 peserta UKW yang terdaftar dan 40 peserta yang hadir, hanya 20 peserta yang dinyatakan kompeten.

Adapun rinciannya, yaitu Angkatan 26 sebanyak 20 orang. Dinyatakan berkompeten sebanyak 8 orang dan belum kompeten 12 orang. Untuk angkatan 27 sebanyak 20 orang. Dinyatakan berkompeten 12 orang dan belum berkompeten 8 orang.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test