Bupati Batu Bara Resmikan Museum di Batu Bara

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 74 Pemerintahan Kabupaten Batubara laksanakan sebuah pameran peninggalan bersejarah yang perna terjadi di Batubara, baik sejarah kedatuan,sejarah keberadaan tentara jepang dan belanda.

Hari ini benda benda peninggalan sejarah itu kita kumpulkan dimesium Batubara. Hal ini disampaikan Bupati Batubara Bapak Ir.H. Zahir,M.AP dalam acara meresmikan museum dikabupaten Batubara di kecamatan Talawi, Kamis (15/8)

Peresmian museum Batubara yang dihadiri Wakil Bupati Bapak Oky Iqbal Frima,SE, Plt Kadisdik Bapak Herman, Ketua TBUPP Bapak Saiful Safri, anggota DPRD Kabupaten Batubara Danramil Talawi dan seluruh camat sekabupaten Batubara.

Bupati, juga mengingatkan agar kita tidak lupa dengan sejarah, kalau kita lupa dengan sejarah dan pejuang kita bisa hancur negara ini. Untuk itu museum ini akan kita bangun agar masyarakat tau kalau dikabupaten Batubara ini ada benda pertinggalan belanda dijaman revolusi sosial G-30 S/PKI. Ujarnya

Benda benda peninggalan sejarah dan cagar budaya yang ada di Kabupaten sudah terkumpul 1120 Benda koleksi sejarah dan cagar budaya ini harus diapresiasikan dengan dukungan sarana gedung yang representatif dengan harapan benda cagar budaya dan sejarah era pra sejarah kesatuan dikabupaten Batubara.

Tidak ini saja Bupati juga akan membangun Kampung Belanda yang berada di Desa laut tador. Sedangkan kampung jepang berada di Desa Perupuk. Untuk itu saya berharap agar masyarakat Kabupaten Batubara agar mendukung membangkitkan sejarah sejarah jaman jepang dan belanda yang ada di Kabupaten Batubara.

Sebelumnya Plt Disdik Suherman mengatakan kepada masyarakat kabupaten Batubara dalam mendukung persiapan pendirian museum dikabupaten Batubara, dan ada juga yang menyerahkan barang barang pertinggalan jaman belanda dan jepang untuk dikumpulkan di museum Batubara. Dan diharapkan agar museum ini bisa menjadi rumah  sejarah karna terkumpulnya benda benda cagar budaya.

Tokoh peduli cagar budaya Taufik hidayat mengatakan mengapresiasi kepada Bupati Batubara Bapak Ir.H. Zahir,M.AP yang sudah menghantarkan benda benda cagar budaya di museum Batubara. Untuk mempersiapkan benda cagar budaya ini sudah 20 tahun untuk mengumpulkan dan ini hari diresmikan.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test