Bupati Batu Bara Tetapkan 5 Prioritas Pembangunan Tahun 2020

Bupati Batubara Bapak Ir. H. Zahir,M.AP membuka acara pasca Musrenbang Kabupaten Batubara tahun 2019. Setelah mengidentifikasi Bupati tetapkan lima prioritas dan berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi pada tahun 2020 nantinya.

Melalui lima prioritas utama tersebut, diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka pengangguran terbuka, menurunkan angka kemiskinan, menekan laju inflasi dan meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia (IPM) serta menurunkan koefisien gini ratio. Kata Bupati Batubara, saat acara pasca musrenbang Kabupaten Batubara tahun 2019, di MPH Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu,(9/10/2019).

Bupati mengatakan, RKPD tahun 2020, merupakan bagian dari visi misi dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah. Untuk itu saya berharap agar proses tahapan pasca musrenbang dalam rangka sosialisasi dan sinkronisasi pelaksanaan RKPD Kabupaten Batubara tahun 2020.

Kegiatan pasca musrembang mengusung Tema : Terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas dengan meningkatkan mutu kesehatan,pendidikan dan infrastruktur serta mengoptimalkan pemanfaatan potensi ekonomi guna mewujudkan daerah yang berdaya saing mandiri dan sejahtera.

Ada 5 prioritas yang telah ditetapkan Bupati yaitu ; Peningkatakan pembangunan manusia dan pengurangan kemiskinan melalui peningkatan kualitas pelayanan dasar yang merata. Pembangunan infrastruktur berkelanjutan melalui penguatan konektivitas antar kecamatan dan meningkatkan kualitas infrastruktur guna mendukung proyek strategis nasional. Dan ditambahkan Bupati,ditahun 2020 nanti saya perintakan setiap SKPD harus mempunyai kalader kerja disetiap kantornya. Ujarnya

Selanjutnya, Peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja melalui pengoptimalan potensi ekonomi lokal serta menciptakan kesempatan kerja dan berusaha. Pemantapan ketahanan pangan, peningkatan energi dan sumber daya air serta peningkatan kualitas lingkungan hidup. Kemudian, peningkatan tata kelola pemerintahan dan penegakan hukum serta pelayanan publik berbasis sistem teknologi informasi dan inovasi.

"Rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Batubara tahun 2020 merupakan rencana pembangunan tahun kedua dari periode pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2019-2023," ujar Bapak Bupati.

Selain itu, Bapak Bupati juga menyampaikan capaian kondisi makro ekonomi dan sosial Kabupaten Batubara tahun 2018, dimana pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 mengalami pertumbuhan sebesar 4,38 % naik dibandingkan angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 sebesar 4,11 %.

 

Berita Terkait
Komentar