Ketua TP. PKK Batu Bara Gelar Pelatihan UP2K

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Batubara terus berinovasi dalam memberikan edukasi baru kepada kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Dengan menggelar kegiatan pelatihan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), PKK Kabupaten Batubara memberikan sentuhan dan motivasi kepada para kader PKK di Batubara.

“Pelatihan ini adalah salah satu program dari Pokja II, untuk penguatan pengembangan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny. Maya Indriasari Zahir pada acara kegiatan pelatihan UP2K di aula kantor Camat Air Putih, Selasa (19/11/2019).

Dalam pelatihan itu, wanita berparas ayu yang selalu berpenampilan sederhana itu menekankan upaya peningkatan SDM para kader PKK, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

Sebanyak 180 Kader PPK di Batubara mengikuti pelatihan UP2K di aula kantor camat air putih, Selasa (19/11/2019)

“Pelatihan ini penting, dengan bekal pengetahuan kita dapat membuat unit usaha baru dalam mengembangkan ekonomi kreatif bagi para kader PKK di Batubara,” ujar Maya.

Untuk sisi pemasaran usaha produktif para kader PPK, maya akan menggabungkan dengan program lintas OPD di Batubara, melalui kegiatan pameran dan kemitraan.

Tak hanya sampai disitu, Maya juga menekankan kelompok khusus (poksus) UP2K PKK agar segera membentuk koperasi yang berbadan hukum, melalui koperasi dan managemen yang baik itu diharapkan para anggota tahu dan mampu berperan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Kepada poksus UP2K kader PKK itu, Maya mengharapkan agar dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Koperindag dan UKM terkait label PIRT, dengan kemasan- kemasan yang berlabel halal.

Narasumber kegiatan pelatihan UP2K saat memberikan materi kepada kader PKK Kabupaten Batubara

Terakhir maya mengharapkan dengan kegiatan pelatihan ini diharapkan kepada kader PKK dapat menjalankan programnya sesuai dengan potensi desa masing- masing, terutama dalam usaha jajanan kuliner yang sudah berjalan dan dapat terus berkembang.

Ibu Bupati Batubara Maya Indriasari Zahir Saat memberikan buku administrasi UP2K kepada para peserta pelatihan

Pada kesempatan yang sama, Ibu Bupati juga memberikan 30 buku untuk 12 kecamatan. Buku panduan Administrasi itu diberikan kepada kader PKK dapat mempelajari managemen usaha sesuai dengan buku panduan yang baik.

Setelah kegiatan pelatihan UP2K, PKK Kabupaten dan tim PKK Propinsi kemudian mengunjungi beberapa desa di Batubara.

Salah satu desa yang dikunjungi adalah UP2K Desa Sumber Padi, Kec Lima Puluh, dan beberapa kelompok Pelaksana (Poklak) dan Gerai. Tim juga mengunjungi Bank Sampah, dan usaha jajanan Kuliner.

 

Berita Terkait