Peringatan HUT HKG - PKK ke 47 tahun 2019

Dalam sambutan Ketua TP PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, SE., mengharapkan agar peningkatan fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata sekaligus bekerja tanpa pamrih. Selain itu peningkatan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019 ini tidak semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja, juga bukan merupakan kegiatan yang hanya syarat dengan serimonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada gaungnya lagi. Kemeriahan dan rasa syukur dalam dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora , yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK. Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya. Ujar Ketua Umum TP PKK Pusat yang disampaikan Ny Maya Indriasari saat membacakan sambutan tertulis Ketua Dewan PKK Pusat Ny. dr. Erni Guntarti Tjahjokusolo di Pendopo Simpang Dolok Kabupaten Batu Bara, 8/19.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019, dengan Tema “TINGKATKAN KINERJA GERAKAN PKK SELARAS DENGAN PROGRAM PEMERINTAH” . Tema tersebut mengandung makna, bahwa Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah, lanjut Ny Maya Indriasari dalam sambutan tertulis Ketua Umum PKK Pusat.

Sebelumnya Penanggung Jawab Kegiatan HUT HKG - PKK Ny. Astuti Wulandari Oky, SE., membacakan sejarah singkat Berdirinya Oragnisasi PKK dan perkembangannya. Bahwa PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) terkenal dengan “10 program pokok” yang hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu penghayatan dan Pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, Pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat, ujar Wulandari yang juga sebagai Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara.

lanjut Ny Wulan, bahwa pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau yang disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan yang dimulai dari tingkat desa kecamatan kabupaten sampai kepada tingkat nasional (Indonesia)

Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial, sehingga partisipasi masyarakat dalam sebuah pembangunan merupakan prinsip dasar dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa, tambah Ny Wulandari.

Bupati Batu Bara, Bapak Ir. H. Zahir,M.AP dalam sambutannya menegaskan agar kader-kader PKK dapat meningkatkan motivasi, khususnya PKK dapat untuk melaksanakan 10 program PKK dengan menggelorakan semangat bagi kaum wanita untuk terus bersatu melahirkan putra-putri yang cerdas dengan pendidikan yang berkualitas.

Melalui peringatan HUT PKK ini mari tingkatkan kinerja dan gerakan PKK harus selaras dengan program pemerintah. PKK bisa bangkit dan bergerak jika pemerintah mendukung program ini. Banyak inovasi dari masyarakat Batu Bara yang menghasilkan sebuah produk dan menjadikan sumber penghasilan masyarakat di Batu Bara, semua OPD harus mendukung program PKK, karena OPD (Dinas Badan/Bagian) adalah dewan penyantun PKK, ujar Bupati.

Hal ini menunjukkan bahwa TP PKK senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan pembangunan di daerah maupun di pusat ( Indonesia ). Selain itu, keluarga juga diharapkan dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam arti luas, khususnya dalam hal memilah informasi yang baik dan benar dengan yang HOAK.

Melalui tema HKG-PKK tahun 2019 ini, TP PKK diharapkan untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk pembinaan desa desa percontohan, sehingga dapat menjaga kebersamaan dan kegotong royongan agar agenda kerja pemerintahan melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai.

 

Berita Terkait
Komentar