
All Indonesia Permudah Layanan Kedatangan Penumpang dari Luar Negeri
Tangerang, Komdigi - Pemerintah meluncurkan platform All Indonesia, sebuah sistem digital terintegrasi untuk menyederhanakan layanan kedatangan penumpang internasional di bandara dan pelabuhan.
Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan platform ini menjadi wajah pertama Indonesia bagi wisatawan maupun pelaku perjalanan dari luar negeri.
"Setiap kita melakukan perjalanan ke suatu negara, pasti impresi pertama itu ketika kita landing di bandara. Jadi jangan berasumsi bahwa mereka akan punya impresi positif, kemudian akan menceritakan itu kepada yang lain dan mereka akan datang kembali ke Indonesia ketika pelayanan kita tidak baik, kurang membuat mereka nyaman," jelasnya dalam Peresmian All Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (01/10/2025).
Platform All Indonesia mengintegrasikan layanan imigrasi, bea cukai, kesehatan, dan karantina dalam satu sistem digital.
Dengan begitu, penumpang tidak perlu lagi melalui proses berulang-ulang.
Semua kebutuhan kedatangan dapat dilakukan melalui satu pintu layanan.
"Inisiatif ini bukan sekadar gimmick, tetapi sesuatu yang mendasar yang mudah-mudahan bisa menjadi game changer," tandas Agus Harimurti Yudhoyono.
Ia menambahkan, sesuai arahan Presiden Prabowo Subianto, kualitas layanan publik di pintu masuk Indonesia harus terus ditingkatkan agar lebih banyak wisatawan mancanegara yang datang dan nyaman berada di Indonesia.
Agus Harimurti Yudhoyono juga menekankan pentingnya perlindungan data dalam layanan digital ini.
"Tadi pesan Ibu Menteri (Komunikasi dan Digital) kepada saya adalah harus terus dijaga data security-nya. Karena bagaimanapun segala sesuatu yang berkaitan dengan data pribadi, bukan hanya perlu privasi, tapi juga ada security yang harus kita jaga bersama-sama," jelasnya.
Platform All Indonesia merupakan hasil kerja kolaboratif lintas kementerian dan lembaga, termasuk Kementerian Komunikasi dan Digital, Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Kementerian Kesehatan, Badan Karantina Indonesia, Kementerian Pariwisata, Injourney, Angkasa Pura, dan Otoritas Bandara.
Mengusung slogan "Simplify Your Arrival", platform ini dapat diakses melalui laman https://allindonesia.imigrasi.go.id
Sumber: https://www.komdigi.go.id/berita/berita-pemerintahan/detail/all-indonesia-permudah-layanan-kedatangan-penumpang-dari-luar-negeri