Kejurda AKTI Sumut, Ajang Peningkatan Prestasi Olahraga Kungfu

25 May 2024
437x

BATU BARA - Kejuaraan Daerah (Kejurda) Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (AKTI) Sumatera Utara Tahun 2024 resmi dibuka oleh Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul di Halaman SMPN 1 Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh, Sabtu (25/05/2024). 

Turut hadir Kadisbudporapar Provsu Baharudin Siagian, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Batu Bara Mukhrizal Arif, Ketua AKTI Mangapul Manurung dan Ketua Panitia Tarida Pargaulan Sitinjak.

Kejurda AKTI 2024 memperebutkan piala Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul, Piala Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Sumut dan Piala DPR RI Komisi 2 Ahmad Dolly Kurnia Tanjung. Pertandingan akan berlangsung selama 3 hari mulai 24-26 Mei 2024 yang diikutin 7 kabupaten/kota di  Sumatera Utara yaitu Batu Bara, Simalungun, Pematang Siantar, Humbahas, Toba, Samosir dan Medan. 

Kejurda AKTI diikuti sebanyak 156 peserta yang terdiri dari 70 orang laki-laki dan 86 orang perempuan. Sementara itu, Kejuaraan dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori tradisional yang menampilkan jurus dan kategori kungfu atau pibu yang menampilkan aksi tarung. 

Pada awal sambutan, Kadis Budporapar Provsu Baharudin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung untuk menyukseskan kejuaraan ini. 

Baharuddin juga mengajak kepada semua pihak untuk mendukung kegiatan berolahraga dari sejak dini. Dengan tujuan akan melahirkan para atlit-atlit di Indonesia. 

Sementara itu, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul menyampaikan kejuaraan ini menjadi momentum untuk memperlihatkan potensi olahraga, tetapi juga merupakan kesempatan untuk bersatu sebagai satu komunitas yang kuat.

\"Melalui kejuaraan ini kita telah menyatukan semangat untuk memperkuat persaudaraan dan meningkatkan prestasi di bidang olahraga khususnya kungfu tradisional. Jadi, tunjukkan bahwa kita adalah sebuah komunitas yang berani, berinovasi dan mampu meraih prestasi gemilang,\" ujar Pj. Nizhamul.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Nizhamul mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan acara ini, termasuk panitia penyelenggara, sponsor dan semua relawan yang telah bekerja keras untuk membuat acara ini menjadi kenyataan.

\"Tanpa dukungan dan kerja keras anda semua kita tidak akan bisa melaksanakan ini semua. Dan kepada para atlet, saya  ucapkan selamat bertanding. Tunjukkanlah semangat juang yang tiada henti dan ingatlah bahwa keberhasilan bukanlah hanya tentang memenangkan sebuah pertandingan, tetapi juga tentang proses perjuangan dan pengorbanan yang telah anda lalui,\" pungkasnya.