Antisipasi Banjir, Pemkab Batu Bara Segera Normalisasi Aliran Sungai Bacang

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara akan segera melakukan normalisasi aliran Sungai Bacang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sei Balai. Normalisasi dilakukan untuk mengantisipasi banjir luapan Sungai Bacang yang kerap menggenangi permukiman dan areal pertanian.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., saat meninjau langsung kondisi Sungai Bacang dengan menyusuri aliran sungai menggunakan kapal motor, Senin (08/08/2022).

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Zahir didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Batu Bara Khairul Anwar, Camat Sei Balai Wali Wala Sagala, dan Kepala Desa Sidomulyo.

Menurut Bupati Zahir, Sungai Bacang yang merupakan sungai provinsi kondisi sendimentasinya cukup tinggi. Akibatnya terjadi pendangkalan dan menyebabkan air meluap melewati tanggul saat debit air sungai tinggi.

"Saya sudah memerintahkan Kadis PUPR untuk menganggarkan normalisasi dari P-APBD tahun 2022 agar di musim penghujan ini areal pertanian tidak lagi terendam banjir," ujar Zahir. 

 

Berita Terkait
Komentar