Bunda PAUD Batu Bara Buka Sosialisasi Literasi Digital PAUD

BATU BARA - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari, SE. membuka kegiatan Sosialisasi Literasi Digital PAUD  yang digelar di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Perumahan Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Senin (18/09/2023).

Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Bidang PAUD & PNF Kabupaten Batu Bara dan dihadiri oleh  Ketua Pokja Bunda PAUD  Ny. Hj. Erlina Yusuf, Ketua Dharma Wanita Persatua Ny.Hj.Erna Monasari Zahrul,TP PKK Kabupaten Batu Bara,hadir juga organisasi mitra Ketua IGTKI Hesti,  ketua IGRA Khairul Sofyan & Ketua Himpaudi Kabupaten Batu Bara Noveri. Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Muhammad Taufik Kamil, S.Sn.

Dalam pidatonya Bunda Maya menyampaikan bahwa literasi digital pada anak usia dini dipandang sebagai sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media digital yang ada di sekitar untuk mencari dan memanfaatkan informasi belajar, bermain atau mendapatkan hiburan secara sehat dengan pendampingan orang tua maupun guru pendidik.

"Sikap, pengetahuan dan keterampilan digital ini juga merupakan cikal bakal perkembangan digital kedepannya, karenanya perlu membangun kemampuan anak terkait literasi digital seperti mampu menggunakan perangkat elektronik untuk mendapatkan informasi, memahami informasi bahwa gambar, teks, cerita dan film di perangkat elektronik memiliki makna". 

Bunda Maya berharap dengan memiliki kemampuan tersebut dapat membantu beberapa hal seperti dapat digunakan sebagai media belajar bagi anak usia dini, sebagai sumber belajar untuk mendapatkan informasi dalam mendukung dan mengembangkan rasa ingin tahu dan sebagai alat komunikasi yang efektif serta efisien untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Melalui kegiatan ini Bunda Maya mengajak seluruh tenaga pendidik agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan baik supaya lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan literasi digital Pendidikan Anak Usia Dini.

 

Berita Terkait
Komentar