Bupati : Rumah Sakit dan Puskesmas Agar Deteksi Dini Virus Corona di Batubara

Batubara-

Tanggapi keseriusan Virus Corona Pemerintahan Kabupaten Batubara melalui Dinas kesehatan menggelar koordinasi kesiapsiagaan covid - 19 diaula rumah dinas Bupati di Tanjung Gading Kecamatan Sei suka Kabupaten Batubara,Senin (9/3/2020)

Bupati Batu bara Ir. Zahir M.Ap. mengatakan perlu mengambil langkah Pemerintahan Kabupaten Batubara dalam mengantisipasi Virus Corona ini adalah,untuk mempersiapkan apa yang menjadi tanggung jawap pemerintah kabupaten Batubara ini dari sistem pengobatan dan  penyuluhan kepada masyarakat  harus segerah dilakukan dari sekarang.

Saat ini masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Batubara sempat diresahkan dengan informasi yang tidak jelas sumbernya tentang penyakit covid 19. Untuk itu dinas kesehatan langsung menanggapi hal itu dan langsung turun kelapangan ternyata itu informasi hoax (tidak ada). Ujar Bupati

Oleh sebab itu janganlah menimbulkan berita yang belum tau sumbernya, namun dinas kesehatan tetap harus standby dengan adanya isu isu virus Corona dan Dinas kesehatan Kabupaten Batubara yang harus berperan aktif tanpa henti untuk melakukan pengecekan dan pengobatan kepada masyarakat  agar bisa segerah membantu dan mengatasi Virus Corona ini. 

Dengan tersebarnya berita Virus Corona yang telah berkembang di 42 Negara, termasuk 2 orang sudah terindikasi di Indonesia, maka saya meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara agar menjadikan Rumah Sakit Daerah dan seluruh Puskesmas yang ada di Batubara untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan deteksi dini Terhadap kemungkinan Virus Corona masuk ke Batubara. 

Untuk itu Rumah Sakit dan Puskesmas agar menyiapkan tim 24 jam bertugas dengan peralatan yang baik dan unit Ambulace untuk deteksi dini dan pelayanan kesehatan secara cepat apabila ada masyarakat terindikasi Virus Corona untuk diantar ke Rumah Sakit rujukan yang telah di siapkan Pemprov. Sumut di 5 Rumah Sakit, tegas 

Zahir menjelaskan bahwa Kabupaten Batubara merupakan pintu masuk barang dan orang melalui Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung, Pelabuhan Multimas dan Pelabuhan Inalum, karenanya antisipasi dini harus siap siaga antara aparat Kesehatan dan TNI/Polri kita lakukan, 

Sementara itu Kadis Kesehatan Kab. Batubara Drg. Wahit Kusairi, MM.,  menjelaskan bahwa rapat Kordinasi Antisipasi Virus Corona di laksanakan dengan mengundang seluruh aparat kesehatan, TNI dan Polri, Lapas, serta Pimpinan OPD. Rakor ini di laksanakan sebagai kesiapan Pemerintah Daerah karena penyebaran Virus Corona (Covid-19) sangat cepat, sehingga meresahkan Dunia.

Untuk itu jajaran di Dinas Kesehatan telah mengambil langkah pembentukan tim gerak cepat menyiapkan Rumah Sakit dan Puskesmas membuat brosur penyebarluasan informasi , persiapan layanan Kesehatan, persiapan alat pelindung dini petugas pelayanan dan melakukan penyuluhan kata Drg. Wahit Kusairi.

Hadir dalam Rapat antisipasi Virus Corona yang di gelar Di gedung Aula Pondok rumah dinas Bupati Batu bara .Kapolres  Batu bara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH. Bupati Batu bara .Ir.Zahir M.Ap.Dinas kesehatan Dandim 0208,Sekda Kabupaten Batubara Kalapas Labuhan Ruku

KaknKamenag Dan seluruh kepala Dinas Kabupaten Batu bara.(pr).

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test