Bupati Batu Bara Lakukan Pengubinan Padi Organik

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP didampingi Camat Sei Suka Listen Samosir melakukan pengubinan Demplot Padi Organik. Desa Brohol Kecamatan Sei Suka, minggu (11/07/2021). 

Ikut serta dalam pengubinan Perwakilan Bank Indonesia dan Kelompok Tani Anugrah. 

Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian. 

Dari laporan Konsultan UMKM Bank Indonesia Cabang Siantar, Pihak BI Perwakilan Siantar bekerjasama dengan Kelompok Tani Desa Brohol melakukan uji coba penanaman padi dengan produk MA11. 

Produk MA11 atau Microbachter Alfafa merupakan produk untuk merombak materi organik dari limbah pertanian menjadi pupuk, pakan, mengembalikan unsur hara tanah hingga dapat menghasilkan energi bersih. Ungkap Bapak Kunang Dana Konsultan UMKM BI Perwakilan Siantar

Terlihat, Bupati Batu Bara Zahir turun secara langsung melakukan pengubinan. Setelah selesai melakukan pengubinan. Bupati Zahir juga melakukan secara langsung pembersihan padi dan menimbang berat padi dari hasil pengubinan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang tepat. 

Bupati Batu Bara Zahir menjelaskan, pengubinan hari ini untuk melihat hasil dari kerja tim yang mengelola pupuk kandang yang di permentasi untuk menghasilkan pupuk N (Nitrogen) . P (Phosphat) nya dari air kelapa dan K (Kalium) dari sabut kelapa. Diketahui hasil dari pengubinan ini mendapatkan hasil yang meningkat.

"Pemanfaatan lingkungan yang ada seperti kotoran sapi. Merupakan pola olah tanah yang sangat baik. Tetapi dengan penerapan pola olah tanah seperti ini harus melakukan pembalikan tanah sedalam 35 - 40 Cm." Ungkap Zahir

Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk mengelola tanah sawah yang kebanyakan sudah jenuh di Batu Bara. Ujar Bupati Batu Bara Zahir

Tidak hanya pengubinan, Bupati Batu Bara juga meninjau kandang lembu komunal. Yang mana kandang komunal tersebut digunakan untuk pengolahan pupuk kandang.

 

Berita Terkait
Komentar