Bupati Batu Bara Ziarah ke Makam Pejuang Pahlawan

Batu Bara,

Menyambut hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke - 75 tahun. Bupati Batu Bara bersama Forkopinda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), berziarah ke Makam Pejuang Pahlawan, usai menghadiri acara Taptu/ziarah di makam pahlawan Muhammad Jijen Bin Podung, Kobir Bin Umar dan Karen Sitohang. Minggu malam (16/8/2020) di Pemakanan Muslim, Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.

Pada Ziarah di makam pahlawan tersebut, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP bersama Forkopinda dan OPD menaburkan bunga sebagai tanda penghormatan atas jasa – jasa perjuangannya sekaligus berdo’a.

Ir. H. Zahir, M.AP menceritakan , Ketiga pahlawan tersebut gugur saat kontak senjata pada agresi militer Belanda ke – 2, pada tanggal 14 – agustus – 1947 sekitar pukul 10.00 wib di area rel kereta api arah blok 8 Lima puluh menuju kisaran. dimana sumber cerita tersebut berasal dari Letak Hasby Bin Thalib Gading selaku saksi sejarah yang masih hidup yang kini menetap di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Ketiga pahlawan tersebut sangat di hormati oleh masyarakat Kabupaten Batu Bara khususnya Masyarakat Simpang Dolok”, jelas Zahir.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP mengatakan diadakannya Ziarah ke pemakaman, malam tanda bunyi panggilan prajurit sebagai tanda penghargaan, penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di medan juang.

Selain dari itu, kata Zahir, menumbuhkan rasa Nasionalisme dan tidak melupakan sejarah seperti yang di sampaikan oleh Bapak Ploklamator Ir. Soekarno.

Ditambahkan Bupati Batu Bara, bahwa acara Taptu yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

“Akan di ajukan pembuatan Taman Makam Pahlawan di Kabupaten Batu Bara”, ucap Zahir.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP memberikan penghargaan kepada Keluarga pahlawan.

 

Berita Terkait
Komentar