Bupati Kunjungi Desa UP2K Binaan PKK dan Berikan Motivasi

Bupati Batubara Bapak Ir H Zahir M.AP didampingi Kadis PMD, Radiansyah, Plt Kadisdik Ilyas Sitorus, dan Camat Limapuluh, Kabag Humas, mendadak Kunjungi Desa Sumber Padi sebagai Desa percontohan UP2K Kabupaten Batubara usai mengikuti upacara Hari Pahlawan di Lapangan Bola Kaki Lima Puluh Minggu,(10/11).

Kunjungan Bupati Ir. H. Zahir M. AP untuk melihat inovasi TP PKK Desa Sumber Padi dan Kelompok Masyarakat atas pembuatan Paping blok dari Bank Sampah Plastik yg selama ini menjadi momok karena sulit di hancurkan.Tidak hanya Paping Blok dari Bank Sampah pelastik juga di tinjau pembuatan kursi dari limbah ban. Produksi usaha rumahan ini dikelola oleh Kelompok Maju Bersama sebagai usaha masyarakat desa sumber padi melalui Gerai Bank Sampah Desa Sumber Padi yang diketuai Darwis Tanjung.

Usai mengunjungi Gerai Bank Sampah Sumber Padi Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke kelompok usaha jajanan/makanan ringan berupa roti, kue dan sejenisnya yang masih dalam desa yang sama dan tidak jauh dari lokasi Gerai Bank Sampah.

Bupati terlihat terus memberikan motivasi kepada kelompok-kelompok masyarakat yang dikunjunginya dan Bupati berjanji akan memberikan dukungan untuk pengembangan kelompok usaha masyarakat ini. Bupati juga mendorong hasil dari kelompok pengrajin yang berupa jajanan atau makanan ringan maupun karya tangan yang menghasilkan paping blok dan lainnya ini nantinya akan dikerjasamakan dengan usaha usaha lainnya yang ada di Batu Bara seperti indomaret, alfamidi spbu - spbu maupun tempat tempat strategis lainnya yang memiliki tempat penitipan penjualan makanan ringan atau jajanan melalui bantuan dinas terkait, ujar bupati.

Baik Darwis selaku pengelola Gerai Bank Sampah maupun Yusniar selaku pengelola kelompok tani mekarsari sama sama merasa bangga atas kunjungan dan perhatian Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M. AP.

kelompok Mekar Lestari yang di Ketua Yusniar selaku Pengrajin UMKM pembuat rengginang ini. Pasalnya begitu banyak jenis jajanan dan kemasannya yang begitu menarik jika dijadikan oleh oleh bagi tetamu yang berkunjung ke Batu Bara.

Yusniar mengatakan ketika diwawancarai awak media bahwa yang dikelolanya bersama kelompoknya yang beralamat di desa sumber padi dengan nama Rengginang Kak Ray dengan mempekerjakan 9 orang tenaga kerja serta ada beberapa varian rengginang yang di produksi diantaranya ada rasa buah naga, pandan, bon cabe, rasa udang, rasa bumbu peyek, rasa orisinal dan lainnya.

Masih menurut Yusniar disamping jenis jajanan tadi juga ada singkong, manggleng ( ubi di kukus dan di beri rasa ), kelantik dan opak dengan produksi sehari bisa mencapai 100 kg dan usaha ini dilakoninya bersama kelompoknya sejak tahun 2017.

 

Berita Terkait
Komentar