Bupati Secara Resmi Buka Sosialisasi Program Inovasi Desa

Pemerintah Kabupaten Batubara saat ini melakukan bursa inovasi desa program inovasi desa (PID) tahun 2019. Untuk perlu kita ketahui bursa inovasi desa ini merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa desa khususnya di Kabupaten Batubara.

 

Hal ini dikatakan Bupati Batubara Bapak Ir. H. Zahir,M. AP secara resmi membuka acara burasa inovasi desa program inovasi digedung MPH Tanjung gading di Kecamatan Sei suka,Selasa (1/10). Yang hadir dalam acara Wakapolres Batubara Kompol Herwansyah Putra,

 

Bupati Batubara mengatakan, adapun maksud pelaksanaan bursa inovasi desa adalah untuk menjembati kebutuhan Pemerintah desa,serta inisiatif atau alternatif untuk kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif 

 

"Selain itu juga sebagai mendiseminasikan informasi pokok terkait program PID secara umum,serta program pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa secara khusus menginformasikan secara singkat pelaku program ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

 

Bursa inovasi desa merupakan bagian komponen utama upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaat dana desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewira usahaan,hal ini selaras dengan UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa,yang memberikan kewenangan kepada desa,antara lain kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa,ujar Bupati”

 

Saya berharap seluruh peserta agar sunggu sunggu mencermati berbagai kegiatan yang ditampilkan pada bursa ini serta bersama dengan BPD membawanya kemusyawa desa agar bisa direalisasikan serta ditampung di APBDes dengan harapan dapat menjawab kebutuhan desa terhadap layanan teknis yang berkualitas.

 

 

Berita Terkait
Komentar