Bupati Zahir dan KTH AMPHIBI Lakukan Penghijauan di Danau Laut Tador

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan Bahan Berbahaya Beracun Indonesia (AMPHIBI) melakukan penghijauan dan pembersihan di Danau Laut Tador, Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador, Kamis (13/10/2022).

Kegiatan penghijauan ini dihadiri langsung Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., didampingi Asisten II Setdakab Batu Bara Khairil Anwar, Camat Laut Tador Wandi, Plt. Kepala BPBD Ahmadan Chair, Plt. Kepala Dinas PUTR Bresman Simangunsong dan Kepala Desa Laut Tador Syaifuddin.

Sementara dari AMPHIBI hadir Presiden AMPHIBI Agus Salim, Direktur KTH AMPHIBI Ernadi, Ketua KTH AMPHIBI Laut Tador Padang Siregar serta jajaran pengurus dan anggota AMPHIBI lainnya.

Sebelum melakukan penghijauan, kegiatan diawali dengan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim piatu dari sejumlah desa yang berada di sekitar Danau Laut Tador. Selanjutnya Bupati Zahir dan para tamu yang hadir melakukan penanaman bibit pohon produktif seperti bibit pohon durian, mangga, rambutan dan lain sebagainya.

Kegiatan juga diisi dengan demontrasi mesin penggiling rumput untuk dijadikan pakan ternak dengan sistem permentasi.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengapresiasi kegiatan penghijauan dan pembersihan danau Laut Tador yang digagas AMPHIBI.

"Saya beri acungan jempol kepada AMPHIBI atas terselenggaranya kegiatan ini. Sebelumnya danau ini sudah pernah dibersihkan, tetapi karena tidak dirawat sehingga dipenuhi rumput kembali," ujar Bupati Zahir.

Seperti diketahui Danau Laut Tador seluas 14 hektar sebelumnya merupakan salah satu objek tujuan wisata di Batu Bara. Namun saat ini permukaan Danau Laut Tador sudah ditumbuhi rumput dan eceng gondok.

Dengan kegiatan penghijauan dan pembersihan ini diharapkan Danau Laut Tador dapat kembali menjadi objek tujuan wisata yang dapat meningkatkan taraf ekonomi warga sekitar. Selain itu, gulma yang tumbuh di sekitar danau dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak milik warga.

Sementara itu Presiden AMPHIBI Agus Salim optimis proses pembersihan Danau Laut Tador akan rampung dalam waktu sembilan bulan mendatang. 

 

Berita Terkait
Komentar