Bupati Zahir Kembali Inspeksi Pembersihan Jalur Sungai Bendungan Tanjung Muda

 

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir , M.AP., kembali melakukan inspeksi untuk melihat perkembangan arus air dan jalur sungai yang telah dibersihkan di bendungan Tanjung Muda, Desa Tanjung Muda, Kecamatan Air Putih, Senin (21/11/2022).

Sebelumnya Bupati Zahir bersama sejumlah pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Utara II telah meninjau Bendungan Tanjung Muda pada Sabtu (19/11/2022) lalu.

Saat itu Bupati Zahir memerintahkan Dinas PUTR dan BPBD Batu Bara untuk melakukan pengerukan sampah yang menumpuk di pintu bendungan.

Atas instruksi bupati, Dinas PUTR Batu Bara,  BPBD Batu Bara dan petugas penjaga pintu bendungan langsung bahu membahu membersihkan sampah kayu yang hanyut terbawa arus sungai ke pintu Bendungan Tanjung Muda dengan alat berat.

Dalam kegiatan ini Bupati Zahir didampingi Plt. Dinas PUTR Batu Bara Bresman Simangunsong, Plt. Kepala BPBD Batu Bara Ahmadan Khair dan Camat Air Putih Khaidir Lubis untuk melihat kondisi pintu bendungan. Selain itu Bupati Zahir juga mengecek kondisi mesin pengatur pintu air.

Bupati Zahir meminta pemerintah pusat hingga pemerintah provinsi untuk membantu pemerintah daerah secara cepat dan tepat dalam mengatasi pintu bendungan yang rusak.

“Masalah Bendungan Tanjung Muda ini tidak hidup pintunya. Rusak karena sudah lama, sehingga pembagian airnya tidak bisa diatur oleh petugas. Ini harus diperbaiki agar tidak merugikan dan dampaknya sangat luas sekali. Saya memohon kepada pemerintah pusat untuk membantu menyelesaikan masalah ini karena masyarakat sudah menjerit sudah menangis. Sudah seminggu tidak ada perubahan. Angggaran daerah pun sudah sangat terbatas,” ucap Bupati Zahir. 

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test