Bupati Zahir Tinjau Kondisi Jalan dan Drainase di Sejumlah Desa

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., melakukan peninjauan kondisi jalan dan drainase di sejumlah desa di Batu Bara, Minggu, (09/10/2022). Dalam peninjauan tersebut, Bupati Zahir turut didampingi Ketua DPRD Batu Bara M. Syafii, S.H., dan Kabid Bina Marga Dinas PUTR Faisal.

Peninjauan jalan diawali di Dusun II Kampung Getek, Desa Simpang Gambus. Di lokasi itu rombongan Bupati Zahir melihat akses jalan, dimana jalan tersebut sebelumnya merupakan tanah milik warga dan telah dihibahkan untuk jalan desa.

Dalam kesempatan itu Bupati Zahir memberikan arahan ke Dinas PUTR agar membuat drainase supaya jalan tidak terendam banjir. Bupati Zahir juga memerintahkan agar tiang listrik yang memasuki bahu jalan dipindahkan. Begitu juga pohon sawit agar ditebang juga, supaya tidak menganggu drainase dan jalan desa. 

Dari Kampung Getek kemudian  Bupati Zahir dan rombongan menuju Desa Tanah Hitam Ilir, Kecamatan Lima Puluh Pesisir. Di sana Bupati Zahir mengecek jalan yang rusak dan drainase yang perlu dinormalisasi agar air tidak membanjiri jalan.

Di Desa Tanah Hitam Ilir ini Bupati Zahir menyempatkan menyapa para warga dan berpesan agar menjaga jalan dan memperindah desa serta menggiatkan gotong royong. Bupati Zahir juga membagikan bantuan 38 karung beras kepada warga lansia dan kurang mampu.

Selanjutnya Bupati Zahir meninjau akses jalan di Desa Lubuk Cuik yang merupakan sentra penghasil cabai di Batu Bara.

"Cabai merah ini komoditi yang sangat menentukan terhadap inflasi daerah di Sumatera Utara, sehingga begitu pentingnya kita memperbaiki infrastruktur yang ada," ucap Bupati Zahir.

"Tahun ini kita akan membangun jalan dari depan hingga titik mesjid tadi, Insya Allah di tahun depan kita sambungkan lagi sampai ke pintu masuk sentra cabai. Kita berharap di dalam sentra cabai seluas 800 hektar ini Pemerintah Provinsi bisa merealisasikan jalan dalam yang nilainya lebih kurang lima miliar," lanjut Bupati Zahir.

"Dengan bergotong royong saya pikir ini bisa kita tuntaskan akses untuk para petani dalam memasarkan hasil cabainya lebih baik lagi. Bukan hanya di sini saja, nanti kita keliling terus dan melihat apa-apa sebenarnya yang bisa kita selesaikan dengan anggaran yang sedikit. Masalah-masalah yang paling utama dulu dan mudah-mudahan masyarakat mendukung," pungkasnya.

Bupati Zahir juga mengajak masyarakat Desa Lubuk Cuik untuk memperindah pinggiran jalan dan menanam sayur-sayuran di pekarangan rumah agar bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Tinjauan berikutnya adalah Desa Titi Merah. Sama halnya di desa yang ditinjau sebelumnya, Bupati Zahir berbincang dengan warga dan sempat berbagi uang jajan ke anak-anak di sana.

Terakhir Bupati Zahir meninjau kondisi jalan dan drainase di Desa Pasir Permit, Kecamatan Lima Puluh. Bupati Zahir menyampaikan agar drainase dikeruk lebih dalam supaya memperlancar aliran air. 

 

Berita Terkait
Komentar