Cegah Stunting, Ketua TP-PKK Batu Bara Buka Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan

Batu Bara,

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara menggelar sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang dibuka oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, S.E., di Balai Desa Tanah Tinggi, Kecamatan Air Putih, Selasa (23/08/2022).

Turut hadir dalam acara ini Kadis Perikanan dan Peternakan Batu Bara yang diwakilkan kepada Sekretaris Listem Samosir, Camat Air Putih Rahmad Khaidir Lubis, Ketua Dharma Wanita Dinas Perikanan dan Peternakan, Ketua TP-PKK Kecamatan Air Putih, Kades Tanah Tinggi, dan Ketua PKK Desa Tanah Tinggi.

Acara Gemarikan ini dibagi dalam tiga sesi dengan mengangkat tema tingkatkan imunitas lawan Covid-19 dan cegah stunting

Desa Tanah Tinggi, Kecamatan Air Putih merupakan desa Lokasi Fokus (Lokus) di Kabupaten Batu Bara dalam penurunan masalah gizi stunting. Ny. Maya menyebutkan bahwa prevalensi stunting di Desa Tanah Tinggi 27%.

Diharapkan melalui sosialisasi Gemarikan ini dapat meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Batu Bara sehingga terpenuhi asupan gizi yang cukup bagi keluarga dan mencegah stunting. Sehingga dapat menekan angka stunting di Kabupaten Batu Bara. 

Sebanyak 225 warga Desa Tanah Tinggi yang membawa KTP dan KK dibagikan ikan yaitu ikan gembung, ikan lele dan ikan tongkol sebanyak 1 kg. Selain itu juga mendapat bingkisan berisikan abon dan kerupuk serta brosur.

Langkah Pemkab Batu Bara bersinergi dengan TP-PKK Batu Bara adalah wujud komitmen pemerintah daerah dalam mengurangi angka gagal tumbuh anak. 

Salah satu bentuk kontribusi TP-PKK Batu Bara dalam menekan angka stunting adalah dengan hadirnya program Laskar Istana (Lakukan Serentak Aksi Konvergensi Intervensi Stunting Secara Nyata) Peduli Stunting. Program tersebut adalah kerjasama dengan dinas OPD terkait dalam menurunkan angka prevalensi stunting.

 

Berita Terkait
Komentar