Hasil Panen Meningkat, Bupati Zahir Apresiasi Penerima Zakat Pertanian Bertambah di Desa Sumber Tani

Batu Bara,

Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP menghadiri penyerahan zakat pertanian dan pemberian pinjaman bantuan modal pertanian yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batu Bara, di Masjid Al-Ikhlas, Pasar Kacang, Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Sabtu (04/06/2022). 

Terdapat 2 Kelompok Tani (Poktan) yang mendapat zakat dan pinjaman bantuan modal yakni Poktan Al-Ikhlas dan Al-Jami'. 

Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, merupakan desa percontohan pengelolaan zakat yang dibina oleh Baznas Kabupaten Batu Bara. 

Ketua Baznas Kabupaten Batu Bara, Padli, S.Pd.I, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah program Bupati Zahir dibidang pertanian dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat Batu Bara seperti di Desa Sumber Tani. Ia juga mengatakan di tahun ini akan ada 1 penambahan Poktan dari yang sebelumnya 2 Poktan. Sedangkan tahun ini ada penambahan 31 orang penerima zakat, sehingga sebanyak 131 orang akan menerima zakat nantinya. 

"Di desa Sumber Tani ini ada 2 kelompok tani yaitu Poktan Al-Jami' dan Al-Ikhlas. Sementara untuk penerima bertambah 31 orang dari tahun lalu. Kelompok Tani di Desa Sumber Tani di tahun ini akan ditambah menjadi 3 kelompok. Sementara untuk penerima zakat sebanyak 131 orang," ungkap Padli. 

Sementara itu, Bupati Zahir mengatakan pemberikan zakat dilakukan oleh Poktan Al-Jami' dan Al-Ikhlas Desa Sumber Tani, kepada anggota poktan dan masyarakat tidak mampu. Adanya penambahan hingga 31 orang menandakan hasil panen petani membuat pendapatannya meningkat. Bupati Zahir juga mengapresiasi Poktan dan Desa Sumber Tani bisa menjadi contoh untuk desa lain agar masyarakat desanya sejahtera. 

"Baznas membina kelompok tani sehingga hasil panennya dizakatkan kepada anggota dan masyarakat tidak mampu. Ada 131 orang yang diberikan, tahun lalu 100 orang yang menerima zakat. Jadi dengan adanya penambahan, berarti hasil panen petani membuat pendapatan meningkat. Kemudian juga diberikan pinjaman kepada 2 Kelompok Tani. Saya apresiasi ini dan ini dapat dijadikan contoh kepada desa lain agar masyarakat desa sejahtera," ungkap Zahir. 

Dalam kegiatan ini Bupati Zahir menyerahkan pinjaman bantuan modal pertanian kepada 2 Poktan Sumber Tani. Dilanjutkan penyerahan 131 karung beras secara simbolis dan Penyerahan proposal dari kepala desa kepada Bupati Zahir

 

Berita Terkait
Komentar