Hore....!!! Pemkab Batu Bara Akan Bangun Pabrik Pupuk Organik Bersubsidi untuk Para Petani

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten Batu Bara akan membangun pabrik pupuk organik guna memenuhi kebutuhan pupuk para petani. Rencana pembangunan pabrik pupuk organik tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., dengan PT Mitra Balai Bersama yang merupakan sebuah perusahaan bergerak di bidang usaha pupuk organik.

Penandatanganan Mou yang digelar di aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Perumahan Inalum Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (12/07/2023) dihadiri Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Batu Bara Sulistiawati Ritonga, Ketua PAPDESI Batu Bara dan sejumlah pejabat di lingkungan Dinas Pertanian dan Perkebunan Batu Bara.

Pemkab Batu Bara bermaksud untuk mendirikan pabrik pupuk organik melihat banyaknya bahan baku pembuatan pupuk belum terolah secara maksimal seperti limbah kandang ternak. Diketahui Masyarakat Kabupaten Batu Bara sendiri banyak yang beternak seperti ternak sapi,  kambing, domba dan Ayam.

Bupati Zahir menyebut pemerintah pusat akan menghentikan subsidi pupuk anorganik dikarenakan bahan bakunya yang sulit diproduksi akibat efek perang Rusia-Ukraina dan juga biayanya yang semakin mahal.

Langkah pendirian pabrik pupuk organik inipun merupakan terobosan cepat Bupati Zahir agar nantinya produk pupuk organik sendiri dapat dimanfaatkan petani di Kabupaten Batu Bara sebagai tambahan  untuk penggunaan pupuk anorganik.

"Ini nanti akan kita bangun untuk menghasilkan pupuk organik sebagai tambahan pupuk anorganik dan akan kita subsidi kepada petani di Kabupaten Batu Bara. Saya ingin ini agar segera selesai tahun ini dan Kabupaten Batu Bara bisa menjadi kabupaten produsen pupuk organik di Sumatera Utara," Sebut Bupati Zahir 

Pemkab Batu Bara menggandeng perusahaan seperti PT Mitra Balai Bersama yang sudah berhasil menciptakan pupuk organik yang bernilai tinggi namun harganya yang cukup terjangkau.

CEO PT Mitra Balai Bersama Drs. Sofian dalam presentasinya menyebut apabila pendirian pabrik mencapai kesepakatan maka akan memberikan nilai manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Batu Bara.

" PT Mitra Balai Bersama siap untuk memberikan pelatihan maupun pembinaan sampai pabriknya nanti dapat berproduksi mandiri," ungkap Sofian.

 

Berita Terkait
Komentar