HUT Ke-71 IBI, Bupati Zahir Berpesan Untuk Bersama Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Serta Stunting

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., menghadiri acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sekaligus membuka Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke-3 IBI Kabupaten Batu Bara masa bakti 2020 - 2024. Dalam kesempatan tersebut Bupati Zahir mengajak semua pihak untuk bersama-sama menekan angka kematian ibu dan anak serta stunting.

Peringatan HUT ke-71 IBI dan Rakercab ke-3 IBI Kabupaten Batu Bara digelar di gedung pertemuan Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Batu Bara, Sabtu (27/08/2022).

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Batu Bara Sakti Alam Siregar, Ketua Pengurus Daerah IBI Sumatera Utara Betty Mangkuji, S.ST. M.Keb., Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana (P2KB) Batu Bara drg. Wahid Khusyairi.

Ada juga perwakilan Dirut RSUD Batu Bara, Ketua Pengurus Cabang IBI Batu Bara Muliana Dewi Siregar, S.ST., Ketua Ikatan Dokter Indonesia Batu Bara, Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Batu Bara, dan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Batu Bara serta ratusan bidan se-Kabupaten Batu Bara.

Acara yang digelar oleh Pengurus Cabang IBI Kabupaten Batu Bara ini bertema "Upaya Peningkatan Kesehatan Reproduksi Wanita dan Generasi Berkualitas Serta Peningkatan Kapasitas Bidan Dalam Nenghadapi Globalisasi."

Dalam sambutannya, Ketua Cabang IBI Batu Bara Muliana Dewi Siregar melaporkan ada sebanyak 600 orang bidan di Batu Bara yang memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA), 528 orang diantaranya yang aktif. Maka dari itu perlunya dukungan Bupati Zahir untuk IBI Batu Bara.

“Kami mohon dukungannya dari Bapak Bupati untuk IBI di Batu Bara agar semakin maju, sehingga dapat menurunkan angka kematin ibu dan anak,” ungkap Muliana.

Sementara Ketua Pengurus Daerah IBI Sumatera Utara Betty Mangkuji, mengatakan bahwa organinasi IBI selalu memantau kualitas dan mutu bidan baik di cabang maupun di ranting. Betty juga mengajak Pengurus Cabang IBI Batu Bara untuk mendukung program dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam bidang kesehatan.

“Apapun program dari Bupati Batu Bara kita dukung terus. Bapak Bupati jangan bosan-bosan memperhatikan bidan-bidan di Batu Bara karena saya tahu bahwa Bapak Bupati sangat memperhatikan bidan di Batu Bara,” ujar Betty.

Sementara itu, Bupati Zahir mengucapkan selamat memperingati HUT ke-71 IBI kepada seluruh bidan di Kabupaten Batu Bara. Zahir juga menyebutkan Pemkab Batu Bara akan terus mendukung program IBI.

“Pemerintah wajib dukung progam IBI baik di provinsi, kabupaten/kota dan di Indonesia,” ucap Zahir.

Bupati Zahir berharap bidan dapat menjalankan tanggung jawab salah satunya adalah menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi serta menekan angka prevalensi stunting di Kabupaten Batu Bara, karena peran bidan sangat penting terhadap hal tersebut.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menekan angka kematian ibu dan bayi begitupun stunting. Saat ini angka prevalensi stunting di Kabupaten Batu Bara 18,35 persen, jadi kita perlu menurunkan sekitar 4 persen lagi agar terwujud target nasional yakni 14 persen di tahun 2024.” imbuh Zahir.

Acara diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Zahir dan Ketua Pengurus Cabang IBI Batu Bara didampingi Sekda, Kadis Kesehatan P2KB dan Ketua Pengurus Daerah IBI Sumatera Utara. 

 

Berita Terkait
Komentar