Jaga Keberagaman Budaya, DPC Partuha Maujana Simalungun Kabupaten Batu Bara Dilantik

BATU BARA.- Guna menjaga keberagaman dan memajukan budaya Simalungun sebagai satu suku masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kabupaten Batu Bara resmi dilantik, Minggu (04/12/2022).

Pelantikan dihadiri Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., di Desa Laut Tador, Kecamatan Laut Tador. Turut mendampingi Bupati Zahir Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Batu Bara Safri Moesa, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Achmadan Chair, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor, Camat Laut Tador Wandi serta perwakilan PT Inalum.

Pelantikan Partuha Maujana mengusung tema: "Ulang Lupa Bona" (jangan lupa kepada asal) dan sub tema "Dengan melaksanakan Patappei Sihilap (Pelantikan) Partuha Maujana Simalungun Kabupaten Batu Bara ini, dapat memajukan budaya simalungun sebagai satu suku budaya masyarakat yang ada di Kabupaten Batu Bara".

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum DPP PMS Marsiaman Saragih. Dalam kesempatan itu Bupati Zahir diberi penghargaan untuk menyerahkan bendera pataka kepada Ketua DPC PMS Batu Bara yang dilantik yaitu Syahrizal Purba.

Bupati Zahir menyampaikan keanekaragaman suku di Kabupaten Batu Bara harus disatukan dalam masyarakat yang berbudaya dan diharapkan dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik serta berkelanjutan.

"Saya yakin, Partuha Maujana Simalungun ini dapat bekerjasama dalam membangun kondusifitas negara dan membangun bangsa Indonesia menuju manusia yang memiliki peradaban khususnya di Kabupaten Batu Bara," ungkap Bupati Zahir.

Sementara dalam sambutannya Syahrizal menyampaikan akan membuat kantor di Laut Tador dan tetap menjaga kebhinekaan tunggal ika.

"Tetapi kita harus diikat kebhinekaan tunggal ika dengan tema unang lupa bona untuk menyukseskan Batu Bara Bisa, Sumut Bermartabat." ungkap Syahrizal.

Ketua Umum DPP Partuha Maujana Simalungun Marsiaman Saragih, menyampaikan bahwa partuha pemangku adat istiadat dan maujana cindikiana orang yang tau adat dan tempat bertanya dimana fungsi dan artinya, dan didirikan dari beranekaragaman serta mendukung wisata di Kabupaten Batu Bara. 

 

Berita Terkait
Komentar