Kadis Kesehatan Batubara Himbau Masyarakat Waspada Virus Corona

Batubara-

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara dr Wahid Khusyairi menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan mengantisipasi terhadap Virus Corona.“Virus ini juga diidentifikasi pada akhir Desember 2019 dan sudah menjangkit beberapa negara salah satunya china.

Hal ini dikatakan dalam acara sosialisasi virus Corona bersama UPT Puskesmas kedai sianam dikecamatan lima puluh pesisir Kabupaten Batubara,Selasa (4/2/2020)

Ia mengatakan,pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya virus corona. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk waspada dan mengenali gejala-gejala virus tersebut.

"Hari ini kita memang mensosialisasikan dan mensiagakan masyarakat untuk waspada terhadap virus corona," katanya.

Lebih jauh mengatakan,melihat daerah Kabupaten Batubara yang terletak berdekatan dengan pelabuhan dan berbatasan langsung dengan negara lain, maka masyarakat Batubara harus waspada terhadap penyebaran virus corona.

Saat ini, Dinas Kesehatan Batubara bersama pihak terkait telah meninjau beberapa lokasi yang dicurigai sebagai akses pintu masuk menuju Kabupaten Batubara. Seperti pelabuhan, daerah-daerah pelabuhan tikus yang ada di Batubara.

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berprilaku hidup bersih dan sehat. Konsumsi makanan sehat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kedai Sianam, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, dr Guruh Wahyu Nugraha, menjelaskan kepada masyarakat mengenai gejala klinis virus corona. Mulai dari gejala demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan serta letih dan lesu.

Ia juga menjelaskan kepada masyarakat mengenai pencegahan penyebaran virus tersebut. Pertama, sering cuci tangan pakai sabun. Selanjutnya, gunakan masker bila batuk atau pilek. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah. Hati-hati apa bila kontak dengan hewan. Rajin olehraga dan istirahan cukup. Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Salah satu masyarakat sekeliling puskesmas Ibu Mariana terimakasih kepada dinas kesehatan melalui puskesmas kedai sianam yang sudah peduli kepada masyarakat yang sudah memberikan masker,selain itu dinkes juga perupaya agar virus Corona ini tidak ada di Kabupaten Batubara ini.(pr)

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test