Ketua TP PKK Batu Bara Tampil Model Fashion Show Tingkat Nasional

Acara fashion show Tim Penggerak PKK Sumatera Utara menampilkan pakaian adat songket Melayu Batubara pada rangkaian acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Nasional Ke-47 tahun 2019 di lapangan Imam Bonjol Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis.(25/07).

Fashion Show diikuti seluruh TP PKK provinsi dengan menampilkan keindahan dan keunikan pakaian adat masing-masing provinsi dan diperagakan langsung oleh Ketua, Wakil Ketua, atau yang mewakili TP PKK masing-masing provinsi. Untuk sumut diwakili oleh Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ibu Maya Indriasari Zahir.

Ibu ketua TIM PKK Batubara juga menampilkan dengan mengunakan pakaian penganti adat melayu Batubara terdiri dari kain dan baju tenun songket warna biru, asli tenun Batubara dengan motif ‘Pucuk Pandan’ yang bermakna kesucian.

Lebih lanjut disampaikan Aksesoris pada bagian dada mengenakan kalung atau rantai papan yang tersusun rapi dan indah. Sedangkan pada bagian lengan, Ibu Maya memakai gelang atau ikat tangan berwarna emas yang menambah kemilau keindahan lengannya. Keseluruhan aksesoris yang ditampilkan istri Bupati Batubara Bapak Ir Zahir merupakan kerajinan tangan (handmade) berbahan manik, kawat, tembaga, dan kertas kilat. Buatan Ibu-Ibu PKK Kabupaten Batubara.

Ibu Ketua TP PKK Sumut Ibu Nawal Edy Rahmayadi langsung menyambut Maya dan memuji penampilannya, usai turun dari panggung. Berpartisipasi dalam Fashion Show tersebut, menurut Ibu Nawal, merupakan salah satu bentuk upaya PKK Sumut mengabarkan dan mensosialisasikan ragam keunikan busana yang dimiliki Provinsi Sumatera Utara.

Ia sangat menikmati penampilan Fashion Show Baju Adat PKK songket Batubara tersebut. Ini, katanya, bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang benar-benar kaya budaya, tergambar pada variasi pakaian adat masing-masing provinsi.

Fashion Show juga memperlihatkan betapa wanita-wanita Indonesia hebat semua. Selain bisa mengurus rumah tangga, beraktivitas pada program-program PKK, ternyata juga tampil, bak model papan atas.

Fashion Show Baju Adat PKK tampil secara bergiliran yang dibagi kedalam enam kelompok area Yakni kelompok area Jawa dan Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua, Maluku.

 

Berita Terkait
Komentar