Lepas Kontingen Penas XVI KTNA Batu Bara, Bupati Zahir Pesan Untuk Serius Belajar

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., melepas keberangkatan kontingen  Pekan Nasional  (Penas) XVI Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Batu Bara yang digelar di Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Komplek Perumahan Inalum, Kecamatan Sei Suka, Kamis (08/06/2023) malam.

Turut hadir Plt. Kadis Pertanian dan Perkebunan Batu Bara Susi Ritonga, Ketua Kadin Batu Bara H. OK Faizal dan Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Batu Bara  Hardiman Sihombing

Penas KTNA merupakan ajang berkumpul dan bersilahturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Selain itu juga sebagai wadah untuk kegiatan belajar mengajar, bertukar informasi antara petani, nelayan, petani hutan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah serta untuk membangkitkan semangat, tanggungjawab dan kemandirian petani.

Plt. Ketua KTNA Kabupaten Batu Bara Gatot Bentoro menyampaikan bahwa kontingen dari Kabupaten Batu Bara yang berangkat merupakan perwakilan dari para kelompok petani. Selain itu ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Batu Bara Zahir atas semua dukungan yang telah diberikan untuk mengikuti Penas KTNA di tahun ini yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat.

"Kami bangga kepada Bupati Batu Bara Zahir yang perduli dengan kami para petani dan nelayan dan terima kasih atas pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan pertanian," ungkap Gatot Bentoro.

Sementara itu Bupati Zahir dalam bimbingannya mengatakan bahwa Penas ini dulunya forum pertemuan global kelompok-kelompok tani yang tergabung dalam kontak tani. 

"Di sana diberikan banyak materi oleh narasumber yang berkaitan dengan teknologi dan sistem pertanian dengan teknologi baru dan terbarukan yang mendukung terhadap lingkungan," sebut Bupati Zahir.

Bupati Zahir juga berpesan kepada para kontingan KTNA agar serius belajar, lihat modul dan motul yang disiapkan narasumber.

"Apabila ada hal-hal yang dapat diterapkan di Kabupaten Batu Bara, foto alatnya, tanya di mana jualnya, berapa harganya, Insya Allah tahun 2024 akan diadakan. Karena hal itu penting untuk kemajuan pertanian dan perikanan di Kabupaten Batu Bara," lanjut Bupati Zahir. 

 

Berita Terkait
Komentar