Mendorong Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah, Wabup Oky Hadiri HLM TP2DD

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP, melalui Wakil Bupati Oky Iqbal Frima, S.E, menghadiri acara High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalugun, Rabu (22/06).

Wabup Oky didampingi Asisten II Setdakab Drs. Sahala Nainggolan dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Batu Bara Rijali. Acara ini turut dihadiri KPK, Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota lainnya Wilayah Kerja BI Pematangsiantar yakni Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Labuhanbatu, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labura dan Kabupaten Labusel.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan TP2DD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara berkomitmen memperluas Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) atau sistem non tunai.

Pelaksanaan sistem transaksi non tunai diwujudkan sebagai salah satu upaya pembenahan tata kelola keuangan di Pemerintah Daerah sehingga dapat tercipta akuntabilitas dan transparansi serta efesiensi dan efektifitas dalam pemerintahan serta mampu menutup ruang-ruang tindak pidana korupsi. 

Wabup Oky berharap penerapan ETPD diharapkan akan memperbaiki pengelolaan keuangan pemerintah daerah menjadi lebih efisien, transparan, serta akuntabel, dan pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Semoga ke depannya, kita dapat terus bersinergi dalam menyediakan fasilitas dan infrastuktur pendukung untuk meningkatkan layanan transaksi non tunai di Kabupaten Batu Bara, kita juga berharap terjadi percepatan dari program digitalisasi di daerah,” harap Wabup Oky.

Dalam sesi diskusi, Wabup Oky menyampaikan soal Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang masih dibayar secara tunai atau cash. Untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi Pemkab Batu Bara bersama Bank Sumut berencana untuk membuat program bank masuk desa. 

“Jadi, untuk mewujudkan Bank Sumut masuk desa tersebut perlu dukungan dari BI,” ungkap Wabup Oky.

High Level Meeting TP2DD ini adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama pihak perbankan untuk mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah di Kabupaten Batu Bara dan memperkuat rencana program kegiatan TP2DD Kabupaten Batu Bara.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test