Ny. Maya Zahir Ikuti Rakerda Dekranasda Sumut, UMKM Manfaatkan Event Besar Sebagai Ajang Promosi

MEDAN - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir mengikuti rapat kerja daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman No. 41 Medan, Jumat (20/01/2023).

Rapat yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis membahas soal para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di kabupaten/kota untuk memanfaatkan event-event besar yang diselenggarakan di Sumut sebagai ajang promosi produk wastra dan kerajinan tangan asli daerah.

"Sebentar lagi kita (Sumut) akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) dan event F1 Powerboat atau F1H20. Kita akan kedatangan tamu-tamu dari  seluruh Indonesia dan mancanegara, momen ini adalah kesempatan yang baik dan strategis untuk mempromosikan wastra dan semua hasil produk dari pelaku UMKM se-Sumut," kata Nawal Lubis.

Nawal menekankan tugas Dekranasda di kabupaten/kota adalah membina para perajin, membantu pemasaran produk dan juga mitra pemerintah dalam peningkatan kontribusi industri kerajinan untuk pembangunan nasional. 

Karenanya, diharapkan ketua Dekranasda kabupaten/kota ikut memfasilitasi pelaku UMKM/IKM binaannya untuk memanfaatkan event-event tersebut, sehingga diharapkan terjadi transaksi yang memberi manfaat bagi pelaku UMKM/IKM.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Sumut  Mulyadi Simatupang mengatakan, Rakerda ini diharapkan menjadi sarana komunikasi dan koordinasi Dekrnasda kabupaten/kota untuk pengembangan industri kerajinan di Sumut.

"Kita akan sinkronisasikan aksi program kerja baik Dekranasda pusat, provinsi dan akan menjadi pedoman Dekransda kabupaten/kota menjalankan fungsi dan tugas Dekranasda," katanya.

Turut hadir pada Rakerda ini Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut Dian Arief S Trinugroho, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang juga Ketua III HPN Sumut Faisal Arif Nasution, serta jajaran pengurus Dekranasda Sumut dan kabupaten/kota. 

 

Berita Terkait
Komentar