Pelaku UKM Antusias Ikuti Pelatihan Ecoprinting

Batu Bara,

Para peserta pelatihan ecoprinting yang tergabung dalam kelompok UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) Kabupaten Batu Bara, antusias mengikuti dan mengasah keterampilan membuat ecoprinting, di Aula Singapore Land, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Rabu (16/02/2022). 

Ketua TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Batu Bara, Ny. Maya Indriasari Zahir, bersama Kepala Bidang Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan UKM, Larno, SH, menutup pelatihan ecoprinting yang sudah berlangsung selama 3 hari, mulai dari 14-16 Februari 2022. 

Pelatihan ecoprinting bertujuan untuk menambah keterampilan para pelaku UKM di Kabupaten Batu Bara dan mendukung pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya di masa pandemi Covid-19. 

Pemateri pelatihan, Pupung Pursita, yang berasal dari Purwokerto berharap, para peserta segera membagikan dan mengimplementasikan ilmu keterampilan ecoprinting kepada kelompok UKM-nya. Selain itu, Pupung juga menyatakan bahwa ecoprinting dapat  menjaga kelestarian lingkungan karena menggunakan bahan pewarna alami, non kimia, memanfaatkan tumbuhan. 

Sedangkan salah seorang peserta pelatihan, Putri Safira, mengaku terkejut karena mengetahui bahwa ternyata tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai pewarna kain. 

Ny. Maya, Ketua TP-PKK Kabupaten Batu Bara, berharap kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat mengembangkan ilmu yang sudah diterima dari para ahli di bidangnya yang didatangkan dari Purwokerto dan Yogyakarta. 

Kerja sama antara TP-PKK dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara ini adalah Upaya Bupati-Zahir dalam membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, sejalan dengan program kerja Bupati Zahir dalam hal mendukung pertumbuhan industri dan perekonomian masyarakat.

 

Berita Terkait
Komentar