Pemkab Batu Bara terima Kunjungan TIM Evaluasi TP PKK Sumut

Batu Bara, 

Bupati Batu Bara yang diwakili Kepala Dinas PMD Radiansyah bersama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Hastuti Wulandari Oky menerima kunjungan Tim Evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara. Di desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Jumat 26/11/2021.

Tim evaluasi TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang diketuai oleh Ny. Fipia Chairin mengunjungi untuk menilai Desa Lubuk Cuik sebagai Desa Percontohan UP2K. 

Dalam kata sambutannya Bupati Batu Bara yang diwakili Kadis PMD mengucapkan selamat datang kepada Tim Evaluasi TP PKK Sumatera Utara di Desa Percontohan UP2K Kabupaten Batu Bara. 

"kegiatan ini merupakan rangkaian akhir setelah monitoring yang telah dilaksanakan oleh TP. PKK PROVINSI SUMATERA UTARA. Ini merupakan kegiatan penilaian atau penentuan akhir bagi desa lubuk cuik kecamatan lima puluh pesisir, sebagai desa percontohan yang akan dinilai." Ungkap Radiansyah

Gerakan PKK adalah wadah kegiatan yang bertujuan membantu pemerintah untuk ikut serta memperbaiki dan membina tata kehidupan dan penghidupan keluarga yang dijiwai oleh pancasila menuju terwujudnya keluarga sejahtera. Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK.

UP2K-PKK adalah kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga baik secara kelompok maupun perorangan yang modalnya bersumber dari swadaya masyarakat, bantuan pemerintah dan sumber lain yang sah.

Dalam pelaksanaan program UP2K-PKK di desa lubuk cuik kecamatan lima puluh pesisir, diarahkan untuk meningkatkan peran serta ibu rumah tangga/keluarga dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sekaligus merupakan forum belajar berwirausaha dan meningkatkan keterampilan usaha ekonomi produktif keluarga melalui kelompok khusus UP2K-PKK. Melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat agar dapat memberdayakan potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan di desa. Ujar Kadis PMD

 

Berita Terkait
Komentar