Permudah Pengelolaan Dokumen Keuangan, Bupati Zahir Luncurkan Aplikasi Sipande

 

BATU BARA - Pemerintah Kabupaten Batu Bara terus berinovasi untuk mendukung kinerja pemerintahan yang cepat, efektif dan akuntabel, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Sistem Penyampaian Dokumen Elektronik (Sipande) milik Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Batu Bara.

Peluncuran aplikasi Sipande dilakukan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., bersama Kepala BKAD Hakim, di Aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Senin (21/11/2022).

Aplikasi Sipande ini berguna untuk mempercepat dan mempermudah penerimaan dan pengelolaan dokumen keuangan dari seluruh instansi di lingkungan Pemkab Batu Bara, seperti Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) yang sebelumnya dilakukan secara manual.

Dalam pidatonya, Bupati Zahir mengatakan prosedur pengumpulan dokumen yang dilakukan secara manual menyita banyak waktu dan biaya sehingga dengan adanya inovasi dokumen elektronik ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat kinerja pemerintah menjadi lebih efektif, efisien dan menghemat biaya.

Kepala BKAD Batu Bara Hakim menyebut bahwa aplikasi Sipande diciptakan untuk membantu Pemkab Batu Bara agar tata kelola keuangan daerah semakin baik. 

“Harapannya agar tata kelola semakin baik, efisien, efektif dan akuntabel, sehingga tidak lagi lama, bisa cepat dan tepat tentunya pada waktu yang dibutuhkan oleh semua OPD,” pungkas Hakim.

Setelah diluncurkan, kemudian aplikasi Sipande disosialisasikan secara terbuka kepada seluruh bendahara dan operator.

Peluncuran aplikasi ini juga disaksikan oleh Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Utara Dr. Alwi Mujahit Hasibuan, Coach Pelatihan Kepemimpinan Nasional TK II Drs. Setia Budi MA yang hadir virtual melalui zoom meeting.

Selain itu juga ada Asisten II Setdakab Batu Bara Khairul Anwar, Kepala Dinas Kominfo Edwin Sitorus, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Wahid Khusyairi, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor, dan Pejabat Pengelola Keuangan (Bendahara) Dinas se-Kabupaten Batu Bara beserta operator. 

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test