Pj. Bupati Nizhamul Bantah Rekaman Viral Terkait Dukungan Salah Satu Capres

BATU BARA - Viral di media sosial rekaman audio yang diklaim sebagai statemen dari Forkopimda Batu Bara. Dalam rekaman tersebut dicantumkan foto Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul yang berbicara mengenai untuk memenangkan salah satu calon presiden pada Pilpres 2024.

Terkait rekaman viral tersebut, Pj. Bupati Nizhamul menegaskan bahwa rekaman audio dengan menampilkan foto dirinya adalah hoaks. Hal itu disampaikannya saat konfrensi pers klarifikasi video viral di Bawaslu Batu Bara, Desa Sumber Padi, Kecamatan Lima Puluh, Senin (15/01/2024). 

"Bahwa apa yang saya dengar dalam pembicaraan dan foto dalam rekaman itu saya pastikan itu tidak suara saya. Kami di Pemkab Batu Bara tetap netral.  Dan kami bersama Forkopimda, Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kajari dan unsur  yang lainnya solid akan mensukseskan Pemilu," tegas Pj. Nizhamul.

Atas isu yang beredar, Bawaslu Batu Bara melakukan penelusuran dengan pihak terkait yang fotonya terpajang di video viral berdurasi 02:27 menit tersebut.

Bawaslu Batu Bara mengambil sampel suara Pj. Bupati, Kapolres, Kajari Batu Bara dan Dandim 0208/AS untuk dicocokkan dengan rekaman audio viral. Hasilnya Bawaslu Batu Bara tidak menemukan dugaan pelanggaran Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Bawaslu Batu Bara Amin Lubis.

"Masing-masing ke empat pejabat tentu kami mengambil sampel rekaman suara. Kemudian Bawaslu menggelar rapat hasil dari penggalian dan pendalaman persoalan ini. Dan kami memutuskan tidak menemukan dugaan pelanggaran Pemilu terkait itu. Bawaslu Batu Bara akan melaporkan hasil dari apa yang telah dilakukan ke pihak Bawaslu Sumut," ungkapnya.

Isu hoax tersebut juga di bantah oleh Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, Dandim 0203/AS Letkol Inf. Muhammad Bassarewan dan Kajari Batu Bara Amru Siregar.

Sementara terkait oknum yang menyebarluaskan berita fitnah tersebut akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

 

Berita Terkait
Komentar