Program Merdeka Ekspor Kementan RI, Zahir : Hal Ini Sangat Bersinergi Dengan Visi Misi Saya

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP bersama Bupati Asahan H. Surya, BSc dan Plt Walikota Tj Balai H. Waris Thalib, S.Ag,MM melepas Komoditas Pertanian Merdeka Ekspor yang bertempat di Rumah Dinas Bupati Batu Bara. Sabtu (14/08/2021). 

Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Tanjung Balai Asahan mencatat komoditas pertanian yang akan di ekspor pada kegiatan Merdeka Ekspor mencapai Rp 211,8 M. 

Pelepasan Merdeka Ekspor ini di lakukan secara serentak di 17 UPT Karantina Pertanian di seluruh Indonesia yang di lakukan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Jokowi Widodo. 

Dalam Ekspor Merdeka ini terdapat 5 produk ekspor unggulan di wilayah Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Induk dan Labuhan Batu Selatan. 

Komoditas tersebut antara lain Minyak Sawit dan Turunannya, Kelapa Parut, Sapu Lidi, buah pisang dan domba, kelima komoditas tersebut mengalami kenaikan yang signifikan di tahun 2021 ini. 

Plh Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Tanjung Balai Asahan, Rudi Ruslan dalam sambutannya mengatakan Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian berkomitmen dalam memfasilitasi serta mendorong akselerasi ekspor komoditas pertanian di Indonesia dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Instansi Terkait baik dari Pemerintah Daerah dan dinas-dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan perdagangan serta instansi lain lingkup Kementerian Pertanian. 

Salah satu program Kementrian Pertanian yang sedang dijalankan tahun ini adalah Progam Gratieks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor) yaitu gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk menyatukan kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir. 

Selanjutnya Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP dalam sambutannya mengatakan saya mewakili Pemerintah Kabupaten Batu Bara mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan balai karantina pertanian kementerian RI, yang telah menggagas acara ini, serta menyambut baik atas edukasi yang di berikan kepada masyarakat pelaku usaha dan UMKM, tentang merdeka ekspor pertanian 2021 Kabupaten Batu Bara, karena hal ini sangat bersinergi dengan visi misi dan program kerja saya yakni, meningkatkan kerja sama intensif dengan pelaku usaha dan kelompok masyarakat, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi serta menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Di akhir acara Plh. Kepala Stasiun Karantina Pertanian kelas 1 Tanjung Balai memberikan cenderamata kepada 6 Kepala Daerah yaitu Bupati Batu Bara, Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Bupati Labuhan Batu Selatan, Bupati Labuhan Batu, Bupati Labuhan Batu Utara. 

Serta Bupati Batu Bara juga menyerahkan piagam penghargaan kepada eksportir patuh karantina lingkup wilayah Karantina Pertanian kelas 1 Tanjung Balai diantaranya PT. Multimas Nabati Asahan, PT. Mitra Lautan Bahari, PT Eldira Fauna Asahan dan CV. Sejahtera.

 

Berita Terkait
Komentar