Sambut Tahun Baru Islam, Pujakesuma Batu Bara Gelar Tradisi Kenduri Suroan

Batu Bara,

Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H, keluarga besar Pujakesuma Batu Bara melaksanakan kenduri suroan di kantor pujakesuma Kecamatan Lima Puluh, Sabtu (29/8/2020)

Pelaksanaan penyambut tahun baru hijriah dan hari besar suroan 1442 H dan memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-75, tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19,”Suroan akan di hibur oleh group kuda kepang yusfianti, kata panitan suderajat Suhendra

Ketua Pujakesuma Batu Bara, Suriono mengatakan tujuan diselenggarakan peringatan suroan ini untuk menambah kedekatan bathin, mempererat hubungan silaturahmi dan menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan antar sesama warga Jawa di Batu Bara. “Dengan melestarikan adat istiadat seni dan budaya warga Jawa, kegiatan ini juga sekaligus menjunjung tinggi serta rasa hormat kepada leluhur,” katanya

Tradisi suroan yang dilaksanakan pada bulan Muharram ini pada hakikatnya merupakan penanggalan tahun baru dalam perhitungan masyarakat Jawa Islam. Kegiatan ini juga sebagai penghormatan untuk memuliakan datangnya bulan Muharram atau bulan suro.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang di wakilkan Asisten I Russian Heri menyampaikan saat ini kita telah memasuki bulan yang merupakan tahun baru hijriah, kita sepatunya untuk bersyukur kepada Allah SWT, marilah kita senantiasa berdoa agar pada saat memasuki tahun baru hijriah menunjukan jalan yang lurus oleha Allah SWT.

Tidak terasa sudah ke75 tahun kita merdeka dan tak terasa pula bahwa negara kita mengalami banyak perkembangan dan penuh liku liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Mari kita jadikan momentum hari kemerdekaan sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi. “Dengan peringatan suroan ini, kiranya seluruh warga Jawa di Batu Bara dapat mengambil hikmah dan makna suroan itu sendiri, terutama didalam melestarikan budaya dan adat Jawa.

“Semoga acara ini dapat menjadikan kekuatan bagi kita dalam bersinergi membangun bangsa dan negara, ucapnya

Tampak hadir Waka Polres Batu Bara Kompol Abdul Muthalib, Kapolsek Lima Puluh Iptu Rusdi, Sekwan Batu Bara Agus Andika dan camat talawi, Danyon 126, MPO DPD PKB Pujakesuma Drs Asmunan dan para undangan lainya

Suroan di sertai memberikan sembako dan taliasi kepada kaum duafa dan anak yatim, dan dilanjutkan tausi agama H Ahmad Bin Yasir.

 

Berita Terkait
Komentar