Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemkab Batu Bara Serahkan Bantuan Benih Sayuran

BATU BARA - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, Pemkab Batu Bara melalui Dinas Pertanian  dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara menyerahkan bantuan benih sayuran kepada 10 Desa Percontohan PKK yang digelar di Desa Sumber Tani, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Jumat (16/12/2022).

Bantuan benih diserahkan oleh Asisten lll Setdakab Batu Bara Renold Asmara yang mewakili Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, Kadis PMD Radyansyah, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan, Kadis Pertanian dan Perkebunan dan Camat Datuk Tanah Datar.

Adapun 10 Desa Percontohan PKK yang menerima bantuan tersebut adalah Desa Percontohan PAAR di Desa Suka Ramai Kecamatan Sei Balai, Percontohan UP2K di Desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras, Hatinya PKK di Desa Sumber Tani Kecamatan Datuk Tanah Datar, Percontohan IVA Test Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Percontohan  Posyandu Desa Simodong Kecamatan Medang Deras.

Selanjutnya Desa Percontohan LBS Desa Pulau Sejuk Kecamatan Datuk Lima Puluh, Percontohan  PHBS di Desa Tanjung Muda Kecamatan Air Putih, Percontohan Bangga Kencana di Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram, Percontohan Tertib Administrasi di Desa Mangkai Baru Kecamatan Lima Puluh, dan Desa Percontohan PTP2WKSS di Desa Pematang Rambai Kecamatan Nibung Hangus.

Masing - masing desa menerima bantuan berupa benih bayam sebanyak 20 bungkus, benih kangkung 40 Bungkus, bibit cabai merah 600 batang, bibit cabai rawit 600 batang, bibit terong 300 batang, gembor 30 buah, polybag 1.500 lembar dan 20 zak pupuk organik.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan pupuk organik cair (POC) dari Kementerian Pertanian RI sebanyak 35.450 ton atau 35.450 liter/botol untuk luas tanam 7.090 hektar di 8 kecamatan di Batu Bara.

Adapun 8 kecamatan yang menerima penyaluran sesuai dengan yang disetujui Kementerian Pertanian RI adalah Kecamatan Air Putih, Kecamatan Medang Deras, Kecamatan Sei Suka, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kecamatan Sei Balai, dan Kecamatan Nibung Hangus.

Dalam sambutannya Ny. Maya mengatakan bahwa untuk mewujudkan ketahanan pangan perlu adanya program-program kebutuhan pangan tersebut, sesuai dengan arahan Bupati Batu Bara terkait pemenuhan kebutuhan pangan di Kabupaten Batu Bara salah satunya dengan memanfaatkan halaman menjadi lahan tanaman yang dapat menghasilkan seperti tanaman cabai ataupun tanaman obat keluarga lainnya. 

"Pemanfaatan pekarangan adalah salah satu prioritas diantara 10 Program Pokok PKK. Desa Sumber Tani ini yang merupakan Desa Percontohan Hatinya PKK menjadi pelopor dalam pelaksanaan hatinya PKK tahun 2023, oleh karena itu desa ini harus didukung oleh pihak terkait agar program hatinya PKK di Desa Sumber Tani ini dapat terwujud sesuai dengan indikator yang telah ditentukan," ungkap Ny. Maya.

Ny. Maya juga berharap melalui penyerahan bantuan bibit cabai ini nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat yang menerima, serta betul-betul dirawat sehingga dapat menghasilkan buah cabai yang dapat dipergunakan sendiri bagi kebutuhan pangan keluarga. 

 

Berita Terkait
Komentar