Tingkatkan Pengembangan SDM, Pemkab Batu Bara MoU dengan Universitas Dharmawangsa

BATU BARA - Guna meningkatkan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Batu Bara melakukan kerjasama dengan Universitas Dharmawangsa yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahamam (MoU) di aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Rabu (13/09/2023). 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., dan Rektor Dharmawangsa Dr. Zamakhsyari yang turut disaksikan oleh Asisten I Setdakab Batu Bara Rusian Heri dan beberapa Kepala OPD Pemkab Batu Bara.

Rektor Universitas Dharmawangsa menyampaikan lewat kerjasama ini diharapkan program-program pendidikan di universitasnya bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Batu Bara, seperti kerjasama dalam hal penelitian.

"Setiap semester ada dana untuk penelitian bekerjasama dengan pemerintah-pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara," ungkap Zamakhsyari.

Sementara itu, Bupati Zahir mengungkapkan bahwa Pemkab Batu Bara membuka seluas-luasnya kepada universitas-universitas untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan.

Menurut Bupati Zahir, salah satu terwujudnya MoU pengembangan SDM ketika masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diberikan diskon biaya kuliah 50%. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika jumlah para mahasiswa asal Kabupaten Batu Bara bertambah banyak kuliah di Universitas Dharmawangsa. 

Bupati Zahir juga menyebut kualitas SDM sangat penting karena Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang baik. 

"Sumber daya manusia sangatlah penting. Kita punya sumber daya alam yang cukup baik di Indonesia. Kita punya tambang, timah dan nikel. Sesuai dengan instruksi presiden ke depan kita harus ada hilirisasi produk dan hilirisasi sumber daya alam maka diperlukan sebuah teknologi dan memiliki sumber daya manusia. Jadi antara SDA dan SDM digabung menjadi sebuah produk yang bisa dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan," jelas Bupati Zahir. 

 

Berita Terkait
Komentar