Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Batu Bara Sambut Baik Kehadiran Pasar Sehat UMKM

Batu Bara,

Kecamatan Tanjung Tiram merupakan salah satu kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi di Kabupaten Batu Bara. Disamping itu Kecamatan Tanjung Tiram juga merupakan pusat perdagangan hasil produksi masyarakat, baik itu hasil tani, laut, industri rumah tangga maupun UMKM.

Alasan ini tentu menjadi perhatian Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM dengan membentuk koperasi binaan yaitu Koperasi Pemasaran Pasar Tradisional Kusuma Indonesia (KPPTKI).

Koperasi ini didirikan untuk membantu para pedagang dan pelaku UMKM dalam membangun bisnis usaha secara modern, di Komplek Perniagaan Pasar Sehat, Jl Merdeka Kampung Lalang, Kecamatan Tanjung Tiram pada Rabu (25/5).

KPPTKI mensosialisasikan transformasi manajemen koperasi terbarukan di mana nantinya sistem kerja koperasi dan mitra, akan dilakukan melalui sistem teknologi informasi yang saling terintegrasi dan juga melalui sistem pemasaran melalui E-commerce.

Selain sosialisasi, di komplek perniagaan ini juga tengah dibangun pasar sehat di atas lahan seluas 9000 m2, yang merupakan kolaborasi KPPTKI dengan stakeholder kontraktor yaitu PT Mestakung Jaya Bersama. Pasar sehat nantinya akan menjadi pusat perdagangan untuk anggota koperasi.

Disebut pasar sehat, karena pasar tersebut akan dimanfaatkan dengan manajemen sistem modern yang mendorong perdagangan sehat dan juga menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri. 

Hal ini tentu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM. Bupati Batu Bara dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten II Drs. Sahala Nainggolan, mengatakan sangat mendukung koperasi pemasaran dan pasar sehat yang hadir di Kabupaten Batu Bara, guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Unggul Sitanggang, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna membangun sinergitas antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat melalui KPPTKI sebagai wadah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan anggota koperasi itu sendiri.

Inovasi-inovasi baru seperti ini terus didukung Pemkab Batu Bara dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Batu Bara, serta menjadikan masyarakat Kabupaten Batu Bara menjadi masyarakat industri dan inovatif yang sejalan dengan misi Bupati Zahir.

 

Berita Terkait
Komentar
Website Security Test