Tinjau Lokasi Banjir, Bupati Batubara Turunkan Eskavator

Bupati Batubara Bapak Ir.H.Zahir,M.AP di dampingi Anggota DPRD Kab Batu Bara Bapak M. Syafii dan Bapak H.Usman serta Dinas PU, Kadis Sosial,Camat Lima Puluh Pesisir dan Camat Talawi meninjau sejumlah lokasi banjir yang menerjang Kabupaten Batubara yang di mulai dari Desa Kuala Gunung, Desa Pematang Panjang - Titi Merah, Desa Pasir Permit dan Padang Genting. Tidak sekedar meninjau, Bupati juga langsung menurunkan kendaraan eskavator untuk melakukan pengerukan di sejumlah titik yang ditenggarai sebagai penyebab banjir.

 

"Kita sudah melihat beberapa titik yang menyebabkan banjir. Ternyata banyak kanal-kanal sungai yang sedimentasinya sudah tinggi. Dan di tumbuhi tumbuhan liar di sekitar bantaran sungai. Untuk itu, perlu segera dilakukan pengerukan, kita sudah turunkan eskavator, ini yang dari Medan akan segera turun juga," kata Bupati Batu Bara Bapak Ir.H.Zahir,M.AP (30/10/2019).

 

"Memang banjir terjadi dibeberapa wilayah, tidak hanya Batubara. Ini banjir kiriman dari atas. Tapi yang harus diselesaikan, bagaimana kalau air datang, tidak lama-lama tergenang. Maka drainasenya harus bagus. Untuk itu, Drainase, kanal dan sungai yang ada harus segera dinormalisasi," kata Bupati.

 

Selanjutnya dikatakan Bupati, Pemerintah Kabupaten Batubara sudah melakukan beberapa langkah dalam penanggulan bencana banjir. Diantaranya, penyaluran bantuan logistik kepada korban banjir, pembuatan posko pengungsi, dapur umum serta posko kesehatan.

 

Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan bantuan beras sebanyak 614 karung di Kecamatan Lima Puluh Pesisir yang meliputi Desa Gambus Laut, Titi Merah, Gunung Bandung, P. Panjang, Pasir Permit, Perupuk.

 

Bupati Batu Bara Bapak Ir.H.Zahir,M.AP juga mengechek ketersediaan obat pada posko yang telah berdiri di setiap desa yang terkena banjir, dan jangan sampai ketersediaan obat yang ada di posko habis, Bupati Batu Bara memerintahkan langsung kepada Kadis Kesehatan untuk menyalurkan stock obat yang tersedia ke posko kesehatan di setiap titik desa yang terkena dampak banjir. 

 

Selain itu, Bupati berharap kepada seluruh OPD Pemerintah Kabupaten Batubara agar sigap dalam penanganan masalah banjir. Kepada masyarakat, agar mendukung langkah-langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten Batubara.

 

"Kita harap masyarakat mendukung langkah-langkah yang kita buat. Ini tadi ada pula masyarakat yang menolak alat berat masuk untuk melakukan pengerukan. Namun setelah di jelaskan mereka dapat menerima dan pengerukan dapat terus di lanjutkan. Kepada OPD, kita harap lebih sigap. Ini memang sudah sigap, tapi masih kurang cepat," ujarnya.

 

Adapun Data jumlah rumah yang terdampak banjir di Kabupaten Batubara yaitu1.955 unit. Tersebar disejumlah wilayah, yaitu ; Kecamatan Talawi, 864 unit. Kecamatan Datuk Lima Puluh, 445 unit. Kecamatan Laut Tador, 95 unit. Kecamatan Medang Deras, 11 unit. Kecamatan Datuk Tanah Datar, 19 unit. Kecamatan Sei Suka, 5 unit dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir, 614 unit.

 

Berita Terkait
Komentar