Urai Kemacetan Arus Mudik Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Dibuka Fungsional

TEBING TINGGI - Untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan saat arus mudik Natal dan tahun baru (Nataru), ruas tol Tebing Tinggi-Indrapura direncanakan akan difungsikan sebagai jalur alternatif dari Medan menuju Kabupaten Batu Bara dan sebaliknya.

Hal tersebut dibahas Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi dan Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, saat meninjau kesiapan ruas tol Tebing Tinggi-Indrapura di pos pemantauan pintu masuk tol Tebing tinggi-Indrapura, Senin (19/12/2022).

Peninjauan juga melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga, Dinas PUPR Provsu, perusahaan pengembang jalan tol serta Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR masing-masing daerah.

Tim pengembang jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura menjelaskan bahwa satu jalur sudah dilakukan pengerasan dasar maka dapat dilalui kendaraan kelas satu seperti sedan atau minibus dan siap digunakan sebagai jalur darurat mencegah kemacetan saat arus mudik Nataru.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak memerintahkan jajarannya untuk mempersiapkan pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas melalui tol Tebing Tinggi-Indrapura. Rencananya jalur alternatif tersebut akan difungsikan mulai 29 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

“Polda Sumut akan menyiagakan ribuan personel dari masing-masing wilayah kerja terutama di titik padat kendaraan untuk pengamanan arus mudik Nataru. Tidak hanya di jalan tol saja, tetapi juga di bandara, pelabuhan dan stasiun kereta api,” ucap Kapoldasu.

Bupati Batu Bara Zahir mengapreasiasi langkah Poldasu dalam pengalihan arus mudik Nataru lalu untuk mencegah kemacetan panjang di sepanjang jalan lintas di wilayah Kabupaten Batu Bara. Di samping itu, Bupati Zahir pun berharap perbaikan jalan provinsi yang rusak segera selesai pengerjaannya sebelum akhir tahun. 

 

Berita Terkait
Komentar