Wujudkan Percepatan Pembangunan, Bupati Zahir Buka Kegiatan Pemaparan Diseminasi Hasil Riset Kajian

 

Batu Bara,

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP membuka kegiatan pemaparan diseminasi hasil-hasil kajian/penelitian yang digelar di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara, Kecamatan Sei Suka, Selasa (05/04/2022).

Diseminasi ini dihadiri juga oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab.Batu Bara, Ketua Tim Tenaga Ahli Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Lusiana Andriani Lubis, MA, Ph.D, Tenaga Ahli Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), Konsultan CV Citra Pramatra, Perwakilan dari Badan Pusat Statistik Sumatera Utara, serta  para Kepala OPD Se- Kabupaten Batu Bara.

Desiminasi hasil penelitian adalah salah satu bentuk kegiatan pertanggung jawaban secara akademik yang dilakukan dari setiap hasil kajian/penelitian. Diseminasi bertujuan untuk menunjukkan hasil penelitian yang telah dilakukan kepada stakeholder dan masyarakat luas.

Dalam konteks strategi proses diseminasi kepada masyarakat, prinsip komunikasi  tetap harus menciptakan kepentingan bersama (Common Interest), yakni bagaimana kepentingan pemerintah dan masyarakat bertemu.

Kegiatan Diseminasi ini dimoderatori oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Batu Bara, Yenny Rosiva Sinaga.

Bappelitbangda pada tahun 2021 melaksanakan 5 kajian yang bekerjasama dengan perguruan tinggi maupun pihak swasta. Pertama, penyusunan model kebijakan komunikasi publik dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Batu Bara yang bekerjasama dengan USU. Kedua, Penyusunan Dokumen Master Plan Perikanan Tahun 2022 - 2023 yang bekerjasama dengan UNPAB. Ketiga, profil dan analisis kemiskinan Kabupaten Batu Bara tahun 2020, yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Sumatera Utara. Keempat Studi penataan kawasan pemukiman nelayan dan tepi air (Waterfront City) Tanjung Tiram oleh CV Citra Pramatra, dan kelima Studi penyusunan naskah akademis di Kabupaten Batu Bara oleh PT Gamma Engineering. 

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengatakan acara Diseminasi Hasil Kajian Kelitbangan tahun anggaran 2022, sangat penting guna menentukan rencana Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam menyebar luaskan ide atau gagasan di Kabupaten Batu Bara.

“Saya harapkan para Kepala OPD Kabupaten Batu Bara yang hadir hari ini, dapat berperan aktif dalam memberikan masukan, informasi ide dan gagasan yang nantinya berguna untuk hasil dari diseminasi yang kita laksanakan hari ini,” ungkap Bupati Zahir.

Diseminasi ini dilakukan guna mengumpulkan dan memaparkan ide dan gagasan dalam pembangunan di Kabupaten Batu Bara agar mewujudkan masyarakat Kabupaten Batu Bara menjadi masyarakat industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya yang sejalan dengan Visi Bupati Zahir.

 

Berita Terkait
Komentar