Zahir Mengharapkan Pelestarian Adat dan Budaya Melayu Sebagai Modal Membangun Sumber Daya Manusia Yang Unggul

Batu Bara,

Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kota Tebing Tinggi, resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Wilayah MABMI Sumatera Utara, Ir. H. Zahir, M. AP, yang juga Bupati Kabupaten Batu Bara. Pelantikan ini digelar di Gedung Balai Kartini, Kota Tebing Tinggi, Rabu (16/02/2022).

Kegiatan pelantikan ini dihadiri oleh Ketua PD MABMI Se-Sumatera Utara, Kapolres Kota Tebing Tinggi dan Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi.

Pelantikan Ketua PD MABMI Kota Tebing Tinggi ini mengangkat Tema "Dengan semangat pelantikan PD MABMI Kota Tebing Tinggi, kita tingkatkan kebersamaan dan kepedulian sesama wangsa di Bumi Melayu Tebing Tinggi".

Pada acara tersebut, Ketua PW MABMI Sumatera Utara Zahir, resmi melantik Dato' H. Muhammad Azwar, S.Si., MM., sebagai Ketua PD MABMI Kota Tebing Tinggi.

Zahir berharap dengan dilantiknya Ketua PD MABMI Kota Tebing Tinggi, MABMI bisa mengembangkan komunitas adat budaya Melayu hingga ke tingkat desa. Desa adalah sumber daya manusia dlm kemasyarakatan yg mempunyaikan keunikan dan kekhasan secara sosial budaya. Maka melestarikan adat dan budaya Melayu di lingkup masyarakat desa akan membangun keunggulan potensi sumber daya manusia dari keluhuran adat dan budaya Melayu. Salah satu membangun pelestarian tersebut dengan cara membuat organisasi-organisasi Melayu di setiap daerahnya sampai tingkat desa. 

Di kesempatan tersebut, Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi mengharapkan semoga PD MABMI Kota Tebing Tinggi dapat memperkokoh persaudaraan, serta memelihara nilai-nilai luhur adat istiadat budaya melayu.

Salah satu tujuan dibentuknya MABMI di berbagai daerah adalah untuk menjaga, memfungsikan, dan mengembangkan adat serta kebudayaan Melayu bagi masyarakat pendukungnya. 

Zahir berharap, apa yang menjadi tujuan MABMI tersebut juga dapat mendorong masyarakat Melayu, khususnya di daerah Kabupaten Batu Bara, agar saling peduli dan melestarikan budaya-budaya Melayu. Sehingga masyarakat Kabupaten Batu Bara, dapat menjadi masyarakat yang berbudaya dan cinta adat istiadatnya.

 

Berita Terkait
Komentar