Pawai Obor dan Upacara Taptu Digelar Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Batu Bara

BATU BARA - Dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, ratusan warga di Kabupaten Batu Bara menggelar kegiatan pawai obor, Rabu (16/08/2023).

Pawai obor yang dimulai dari Pendopo Perjuangan, Desa Empat Negeri, menuju SD Negeri Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh diikuti para pelajar, organisasi kemasyarakatan dan TP PKK. Para peserta sangat antusias mengikuti pawai obor sambil menyanyikan lagu-lagu nasional.

Selesai pawai obor, Pemerintah Kabupaten Batu Bara melaksanakan upacara Taptu untuk memperingati jasa para pejuang kemerdekaan di tempat pemakaman Desa Simpang Dolok.

Upacara Taptu dipimpin Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., yang diikuti seluruh unsur Fokopimda, OPD Pemkab Batu Bara dan masyarakat. Upacara ditandai dengan ziarah dan tabur bunga du makam pejuang Muhammad Jijen bin Podung, Kobir bin Umar dan Karen Sitohang. Selain itu, Bupati Zahir juga memberikan santunan kepada keluarga para pejuang.

"Malam ini dilaksanakan upacara Taptu dihadiri oleh seluruh Forkopimda, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, guru, ormas, dan dilaksanakan penaburan bunga secara khidmat," ujar Bupati Zahir.

Bupati Zahir juga menyebutkan akan mencari data mengenai para pejuang lainnya yang berasal dari Kabupaten Batu Bara. 

 

Berita Terkait
Komentar