Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Pada Masyarakat

BATU BARA - Peningkatan jiwa nasionalisme berbangsa dan bernegara pada masyarakat perlu terus ditingkatkan. Hal itu untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI.

Salah satu upaya nyata yang dilakukan untuk peningkatan jiwa nasionalisme tersebut yakni dengan memberikan sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Batu Bara yang digelar di aula Pendopo Perjuangan, Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh,  Senin (03/07/2023).

Materi sosialisasi tentang Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI disampaikan langsung oleh Djarot Saiful Hidayat sebagai Ketua Pengkajian MPR RI sekaligus anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan. 

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., Ketua DPRD Batu Bara M. Safi'i, Asisten I Setdakab Batu Bara Rusian Heri, Kaban Kesbangpol Azwar, Ketua Kadin Batu Bara H. OK Faizal dan di ikutin para ASN, camat, tokoh masyarakat dan kepala desa se-Kabupaten Batu Bara.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Badan Kesbangpol memberikan pendampingan dan sosialisasi tentang 4 pilar kepada masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai keberagaman antar suku, agama dan ras.

Bupati Zahir menyampaikan akan meningkatkan jiwa nasionalisme masyarakat dengan menginstruksikan kepada para kepala desa untuk melakukan upacara bendera setiap Senin dan di setiap kelas sekolah-sekolah harus menempelkan foto para pahlawan agar para siswa tidak melupakan sejarah.

Sementara itu, Djarot berpesan agar menjaga persatuan dan kesatuan menjelang Pemilu dengan cara berdemokrasi yang baik seperti tidak menyebarkan ujaran kebencian dan berita hoax serta menggunakan hak pilih dan jangan menggunakan politik berbau SARA.

"Mengenai Pemilu jangan sebarkan berita hoax, jangan sebarkan fitnah, jangan melakukan politisasi SARA di dalam demokrasi. Justru di dalam demokrasi mari bangkitkan kebersamaan kita semua dan meneruskan apa yang dicita-citakan Pak Jokowi," sebut Djarot.

Djarot juga menyampaikan bahwa ideologi harus dijaga dengan melakukan sosialisasi tentang 4 pilar yang terkandung dalam Pancasila, keutuhan NKRI dengan membangun toleransi dalam keberagaman. 

 

Berita Terkait
Komentar