Tingkatkan Pengelolaan Desa, Kades Pulau Sejuk Bersama TP PKK Lakukan Study ke Desa Cibiru Wetan Bandung

BANDUNG - Guna meningkatkan pengelolaan pemerintah desa, perangkat Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Datuk Lima Puluh, bersama TP PKK dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Batu Bara, melakukan junjungan study komparatif ke Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (09/11/2022).

Kedatangan Kepala Desa Pulau Sejuk Siswanto beserta Ketua TP PKK Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Sekretaris dan Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Batu Bara, dan para perangkat Desa Pulau Sejuk disambut hangat oleh Kepala Desa Cibiru Wetan Hadian Supriatna, beserta perangkat desanya.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan wawasan pengelolaan pemerintah desa serta melihat berbagai macam inovasi yang dimiliki Desa Cibiru Watan yang merupakan Desa terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat.

Desa Cibiru Wetan sendiri memiliki sejumlah inovasi seperti menerapkan digitalisasi pelayanan dengan aplikasi Simpel Desa, membentuk kawasan desa dan kerjasama antar desa secara digital dan masih banyak lainnya. 

Ketua TP PKK Batu Bara Ny. Maya berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Batu Bara terkhusus Desa Pulau Sejuk untuk mengutamakan keterbukaan informasi publik demi kesejahteraan masyarakat, mendorong pertisipasi masyarakat menuju terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik.

"Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Desa Cibiru Wetan dan seluruh jajarannya yang telah dapat menerima dan melayani kami. Hanya Allah Swt yang dapat memberikan balasannya di kemudian hari kelak," ujar Ny. Maya.

Sementara itu Kades Cibiru Wetan mempersilahkan tim dari Kabupaten Batu Bara untuk saling bertukar pengalaman dalam tata kelola pemerintahan desa.

"Kami mempersilahkan barang kali Bapak dan Ibu ingin mengobrol mengenai perjalanan pemerintahan Desa Cibiru Wetan, dan berharap tim dari Batu Bara juga bisa saling memberikan masukan. Jadi maknai forum ini sebagai proses penguatan kita bersama, belajar bersama berperan serta," ucap Hadian Supriatna.

Desa Cibiru Wetan memiliki banyak prestasi yang menjadikannya salah satu nominasi desa terbaik tingkat regional seperti Desa Peduli Pendidikan terbaik tingkat nasional tahun 2020 dan peringkat 4 Desa Pelaksana Keterbukaan Informasi Publik tingkat nasional tahun 2021.

Selanjutnya peringkat 4 Desa Aman Pangan tingkat nasional tahun 2021, 10 nominator Kader Keamanan Pangan tingkat nasional tahun 2021, juara 1 lomba desa tingkat Kecamatan Cileunyi tahun 2022, juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten Bandung tahun 2022, juara 1 lomba desa tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022 dan lainnya.

Hal tersebut yang menjadikan Desa Cibiru Wetan banyak dikunjungi oleh desa-desa lainnya untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan wawasan pengelolaan desa.

Diakhir kegiatan, Kades Pulau Sejuk beserta rombongan memberikan cinderamata tanda kenang-kenangan kepada Kades Cibiru Wetan begitu juga sebaliknya.

 

Berita Terkait
Komentar