Evaluasi Tertib Administrasi, TP PKK Desa Mangkai Baru Terapkan Aplikasi yang Inovatif dan Efisien

BATU BARA - Guna mempermudah administrasi desa di era digital yang serba modern, Desa Mangkai Baru menerapkan sistem digitalisasi dengan menggunakan beberapa aplikasi dalam penertiban Administrasi pada TP PKK Desa Mangkai Baru. Hal itupun diperlihatkan TP PKK Mangkai Baru kepada tim TP PKK SUMUT pada acara evaluasi tertib administrasi 2023, yang digelar di Halaman Kantor Desa Mangkai Baru, Kecamatan Lima Puluh, Kamis (27/07/2023).

Pada kegiatan evaluasi ini, TP PKK Desa Mangkai Baru menampilkan kesenian tari tradisional kuda lumping, tari Zapin melayu, tarian KPOTI, penampilan jingle paaredi (Pola Asuh Anak era digital), yel-yel PKK tari tertib administrasi dan Drama sepuluh program pokok PKK. 

Turut hadir Ketua TP PKK Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, staf ahli bidang program dan Sumber Daya Manusia Ruhyat, Sekretaris 2 TP PKK Provsu M. Nirman Subkhan Nasution, Plt. Kadis PMD Zamzamy El Wadib, Ketua DWP Ny. Erna Monasari Abdu Zahrul. 

Adapun untuk mewujudkan penerapan administrasi yang baik, cepat dan efesien, TP PKK Desa Mangkai Baru menerapkan Aplikasi E-Arsip untuk pengarsipan surat masuk dan keluar, E-Dasa Wisma untuk data keluarga dan E-Bank Sampah untuk penjualan dan pembelian sampah plastik, E-PUSDA (Perpustakaan Daerah) dan E-TTD (Tablet Tambah Darah).

Tidak hanya itu, TP PKK Desa Mangkai Baru mempunyai program SiMangka ( Siswa Magang PKK) yang bertujuan untuk meregenerasi kader-kader PKK dimasa yang akan datang dan pembentukan tim kampung youtuber yang berguna memperkenalkan Desa Mangkai Baru dengan cara membuat konten-konten yang menarik. 

Dalam kesempatan ini, Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar mengharapkan hasil administrasi yang tertib, teratur dan sesuai ketentuan yang berlaku dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi tim pengerak PKK di berbagai tingkatan dan sebagai bahan untuk program kerja tahun selanjutnya.

"Administrasi bukanlah persoalan yang rumit apabila dikerjakan tepat waktu, dan dapat jadi rumit jika sering tertunda yang akhirnya menumpuk pada akhir bulan. Oleh karena itu, saya imbau administrasi agar tetap diperhatikan, harus tertib dan dirapikan" ungkap Sekda Norma.

Selanjutnya Sekda Norma juga menyampaikan agar diperoleh data yang valid untuk mendukung keberhasilan 10 program pokok PKK. Beliau juga mengimbau agar bapak dan ibu dewan pembina dapat memberikan dukungan dan bantuan kepada desa binaan tahun 2023.

 

Berita Terkait
Komentar