Bupati Batu Bara Zahir Lepas Penerima Beasiswa Sawit

BATU BARA - Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., resmi melepas 14 mahasiswa/i penerima beasiswa Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tahun 2023. Pelepasan dilakukan di aula Rumah Dinas Bupati, Komplek Inalum, Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Senin (11/09/2023).

Turut hadir Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. Sulistiawati, M.Si., dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor.

Pada tahun 2023, Kabupaten Batu Bara memiliki kuota 65 beasiswa sawit, namun hanya 14 mahasiswa/i yang berhasil mendapatkannya setelah mengikuti tes sesuai prosedur yang telah ditetapkan dari Kementerian Pertanian. 

Beasiswa Sawit 2023 yang merupakan program dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Beasiswa tersebut ditargetkan kepada pemilik kebun yang memiliki usaha budidaya tanaman kelapa sawit dan keluarganya. Golongan pendaftar lainnya adalah karyawan atau pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, keluarga karyawan atau pekerja pada usaha perkebunan kelapa sawit, ASN/PPPK pada bidang perkelapa sawitan, hingga anggota/pengurus koperasi atau lembaga yang bergerak dalam perkebunan kelapa sawit. 

Dalam beasiswa ini, penerima akan mendapatkan fasilitas seperti biaya pendidikan penuh, biaya asrama, uang saku, uang buku, magang di perkebunan besar dan sertifikat kompetensi. 

Bupati  Zahir dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa/i yang menerima beasiswa sawit tahun 2023. Bupati Zahir berpesan agar informasi beasiswa seperti ini harus menyeluruh sehingga kuota beasiswa bisa terpenuhi.

"Informasi beasiswa harus menyeluruh dengan memberikan surat kepada kepala desa. Para pendaftar beasiswa harus dibekali dengan bimbingan belajar dengan tujuan kuota beasiswa yang tersedia bisa terpenuhi," ujar Bupati Zahir. 

 

Berita Terkait
Komentar