Kunjungi Kabupaten Batu Bara, Presiden Jokowi Apresiasi dan Puji UMKM Batu Bara

BATU BARA - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengapresiasi dan memuji produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kabupaten Batu Bara karena memiliki kemasan yang bagus dan menarik serta menurut Presiden Jokowi UMKM Batu Bara patut dijadikan contoh UMKM lainnya.

Hal itu dikatakannya pada saat melakukan silaturahmi dengan ribuan pelaku UMKM yang tergabung dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Lima Puluh, Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (07/02/2024).

Kunjungan orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo ini disambut langsung oleh Penjabat (PJ) Bupati Batu Bara Nizhamul, S.E, M.M bersama unsur Forkopimda Batu Bara dan para Kepala OPD Se Kabupaten Batu Bara.

Adapun ribuan pelaku UMKM yang tergabung dalam Mekar binaan PNM ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Batu Bara melainkan dari Tebing tinggi dan Serdang Bedagai juga.

Pada kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo juga menyerahkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan memberikan sepeda kepada dua pelaku UMKM.

Joko Widodo mengatakan, produk-produk dengan kemasan yang bagus akan gampang dijual asalkan harganya kompetitif. Yang terpenting, katanya, dalam berwirausaha semangat adalah modal utama. Kemudian kerja keras, serta disiplin.

"Saya ingat, saat mulai usaha disekitar tahun 1988. Saat itu saya hanya berjualan di Kota Solo. Di tahun kedua, saya sudah bisa berjualan ke Jakarta. Dan tahun ketiga, sudah bisa ekspor. Jadi, kalau teman-teman saya kerjanya dari jam 06.00 sampai jam 16.00 WIB, saya dari subuh sampai malam. Itu namanya kerja keras," ungkap Joko Widodo, mengisahkan pengalamannya.

Dirinya juga mengatakan sebagai pelaku UMKM kita harus memiliki  jiwa entrepreneurship serta memiliki sifat yang jujur dan komitmen serta tepat waktu. Seperti membayar tunggakan harus tepat waktu dan produk yang dihasilkan atau dikirim kepelanggan harus benar-benar sesuai standar yang telah disepakati.

Presiden Jokowi juga memberi motivasi agar pelaku KUKM mengikuti perkembangan penjualan sistem online yang memiliki jangkauan luas dan lebih mudah menembus pasar eksport.

Kunjungan Presiden Jokowi kali ini bukan hanya menjadi salah satu kegembiraan masyarakat Batu Bara, sambutan hangat juga di sampaikan oleh Pj Bupati Batu Bara yg merasa bersyukur atas kehadiran orang nomor satu di Indonesia datang ke Negeri bertuah Kabupaten Batu Bara.

Turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur PNM Arief Mulyadi, serta seluruh peserta yang terdiri dari pelaku UMKM binaan PNM.

 

Berita Terkait
Komentar